RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING NAVIGASI QUADCOPTER

ABDULLAH HAJIS, . (2017) RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING NAVIGASI QUADCOPTER. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FINAL.pdf

Download (31MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk merancang, merealisasikan dan menguji Sistem Monitoring Navigasi Quadcopter berbasis Arduino Nano menggunakan software Processing IDE untuk memantau pergerakan dan performa sistem quadcopter ketika terbang di udara. Penelitian menggunakan metode penelitian riset dan pengembangan. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Mekatronika dan Robotika dan Laboratorium Bengkel Mekanik, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta pada bulan September 2016 s.d. Juni 2017. Sistem Monitoring Navigasi Quadcopter terdiri dari subsistem monitoring pada quadcopter dan subsistem Ground Control Station (GCS). Subsistem monitoring pada quadcopter terdiri dari modul Arduino Nano, Power Module, Modul IMU (Inertial Measurement Unit) 10 DOF, modul Speed Sensor, dan modul XBee Transmitter. Sedangkan subsistem GCS terdiri dari modul Arduino Nano, modul XBee Receiver, Laptop, dan software Processing IDE. Sistem Monitoring Navigasi Quadcopter dapat memonitor 10 parameter, yaitu : 1) Arus, 2) Tegangan, 3) Sudut yaw, 4) Sudut pitch, 5) Sudut roll, 6) Altitude, 7) Kecepatan motor BLDC 1, 8) Kecepatan motor BLDC 2, 9) Kecepatan motor BLDC 3, dan 10) Kecepatan motor BLDC 4. Sistem monitoring navigasi quadcopter sudah berhasil direalisasikan, dan sudah di uji dapat mengukur parameter yang dihasilkan oleh sensor-sensor pada quadcopter dan dapat diterima dengan baik oleh sistem GCS dengan jarak jangkauan maksimal sejauh 40 meter. Sistem dapat memproses 10 data parameter secara real time dengan update 200 ms. Kemudian subsistem GCS dapat mengukur dan menampilkan parameter dengan rentang ukur dan hasil pengujian sebagai berikut : 1) Rentang ukur tegangan hingga 12,6V dengan rata-rata error 0,215%, 2) Rentang ukur arus hingga 10A dengan rata-rata error 2,65%, 3) Rentang ukur sudut yaw dari 0º hingga 360º dengan rata-rata selisih 16,87º, 4) Rentang ukur sudut pitch dari -87º hingga 88º dengan rata-rata selisih 0,28º, 5) Rentang ukur sudut roll dari -180º hingga 180º dengan rata-rata selisih 0,57º, 6) Rentang ukur altitude dari 0 mdpl hingga 50 mdpl dengan rata-rata selisih 1,58 meter, 7) Rentang ukur rpm motor BLDC hingga 13440 rpm dengan masing-masing memiliki rata-rata error, yaitu : RPM motor 1 sebesar 1,29%, 8) RPM motor 2 sebesar 0,79%, 9) RPM motor 3 sebesar 1,38%, dan 10) RPM motor 4 sebesar 0,65%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Wisnu Djatmiko, MT, ; 2). Dr. Efri Sandi, MT,
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 14 Oct 2019 15:55
Last Modified: 02 Feb 2023 02:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item View Item