PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN PENGETAHUAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN ALAT OPTIK YANG DILENGKAPI DENGAN AUGMENTED REALITY

FAHRUROJI SAPUTRA, . (2017) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN PENGETAHUAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN ALAT OPTIK YANG DILENGKAPI DENGAN AUGMENTED REALITY. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_Fahruroji Saputra_3215126547_Pendidikan Fisika.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan pengetahuan fisika yang dilengkapi dengan augmented reality pada pokok bahasan alat optik yang layak untuk digunakan. Buku pengayaan pengetahuan fisika “Alat Optik yang dilengkapi dengan Augmented Reality” membahas materi mengenai beberapa alat optik yang dikupas mulai dari sejarah, konsep fisika, hingga jenis - jenisnya. Sesuai dengan metode pengembangan yang digunakan yaitu Model Pengembangan Instruksional (MPI), dilakukan uji kelayakan dan uji coba penggunaan produk. Uji kelayakan dilakukan kepada ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil uji kelayakan, diperoleh rata-rata persentase hasil ahli materi 88,50% dan ahli media 88,90%. Uji coba penggunaan produk dilakukan kepada seorang guru fisika dan 25 orang siswa SMAN 33 Jakarta. Berdasarkan hasil uji coba produk kepada guru fisika, didapatkan persentase rata-rata hasil 88,10%. Sedangkan hasil uji produk kepada siswa memperoleh rata-rata persentase 82,80%. Uji efektivitas menggunakan uji gain ternormalisasi memperoleh ratarata skor sebesar 0,71 yang menyatakan terjadi penambahan pengetahuan dengan interpretasi tinggi. Berdasarkan uji kelayakan dan uji coba produk yang telah dilakukan, buku pengayaan pengetahuan fisika “Alat Optik yang dilengkapi dengan Augmented Reality” dinyatakan layak sebagai buku pengayaan pengetahuan dan dapat menambah pengetahuan siswa. This research is aimed to physics knowledge enrichment books equipped with augmented reality on the subject of optical instruments as a feasible enrichment book. Physics knowledge enrichment book "Alat Optik yang dilengkapi dengan Augmented Reality" discusses material about some optical instruments that are peeled from history, physics concepts, to the types. In accordance with the development method used is Model Pengembangan Instruksional (MPI), feasibility test and trial use of the product is performed. The feasibility test is carried out to material experts and media experts. Based on the results of feasibility test, obtained average percentage of material expert results 88.50% and media experts 88.90%. Trial of product test was done to a physics teacher and 25 students of SMAN 33 Jakarta. Based on the result of product test to physics teacher, got the average percentage of result 88,10%. While the result of the product test to the student get the average percentage of result 82,80%. The effectiveness test using the normalized gain test obtained an average score of 0.71, which indicated an increased knowledge with high interpretation. Based on the feasibility test and product trials that have been conducted, physics knowledge book "Alat Optik yang dilengkapi dengan Augmented Reality" is considered feasible as a knowledge enrichment book and can increase students' knowledge.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ir. Vina Serevina 2) Prof. Dr. I Made Astra, M.Si
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Mar 2022 06:20
Last Modified: 17 Mar 2022 06:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24800

Actions (login required)

View Item View Item