UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E (ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, DAN EVALUATION) PADA KELAS VIII-4 DI SMP NEGERI 201 JAKARTA

FAHMADIYAH ANNISSA NURUL HIDAYAH, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E (ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, DAN EVALUATION) PADA KELAS VIII-4 DI SMP NEGERI 201 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, dan Evaluation) pada kelas VIII-4 di SMP Negeri 201 Jakarta dengan materi Pythagoras . Pada penelitian ini, peneliti menggunakan tiga indikator kemampuan koneksi matematis, yaitu mengenali dan memanfaatkan hubungan antar obyek dan konsep matematika, menuliskan konsep yang mendasari jawaban, dan mengenali serta menerapkan matematika dalam konteks-konteks di luar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana hasilnya berupa laporan naratif berisi deskripsi proses kegiatan berdasarkan yang terjadi dilapangan, sebagai bahan kajian lanjut untuk memperbaiki praktik pembelajaran di kelas. Tindakan penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, dimana setiap siklus berisi 2 kali pertemuan dengan penerapan model pembelajaran, dan 1 pertemuan untuk tes akhir setiap siklus. Tes akhir siklus akan digunakan untuk mengukur peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematis yang dialami oleh siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 201 Jakarta setelah dilakukan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Pernyataan tersebut didasari dari hasil yang telah diberikan setiap akhir siklus, pada awal siklus ke siklus I, 100% subjek penelitian (SP) mengalami peningkatan. Siklus I ke siklus II, 83% subjek penelitian mengalami peningkatan, kecuali SP3 tetap sama dengan nilai 75. Sedangkan pada siklus II ke siklus III, 83% dari subjek penelitian meningkat kecuali SP2 yang mengalami sedikit penurunan dari 100 menjadi 95. jika pada tes awal siklus nilai rata-rata siswa hanya 24.71, pada siklus I meningkat menjadi 69.56, siklus II menjadi 78.59 dan pada siklus III menjadi 81.03. Peningkatan terjadi kepada 100% siswa pada tes awal siklus ke siklus I, 90.63% siswa pada siklus I ke siklus II, dan 92% siswa pada siklus II ke siklus III. This Research aims is to improve students mathematical connection ability through the implementation of learning model Learning Cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, and Evaluation) in Class VIII-4 in 201 Junior High School Jakarta with Pythagoras material. In this research, researchers used three indicators mathematical connection ability, i.e recognizing and utilizing the relationship between objects and mathematic concepts, wrote the concepts underlying the answers, and recognize and apply mathematics in contexts outside of mathematics. This research used a qualitative approach with the action research method where the result is a narrative report contains a description of activity process based in the field, as advance study materials to improve classroom practice. Research action conducted in three cycles, where each cycle contains two meetings with the application of learning models, and one meeting for final test of each cycles. Final test will be used for measure the improvement of students’ mathematical connection ability. Based on the result of research and discussion can be concluded that there is an ability improvement of mathematical connection that experienced by students of class VIII-4 201 Junior High School after the implementation of learning model Learning Cycle 5E. The statement is based on the result that have given each end of the cycle, at the beginning cycle the first cycle, 100% of research subject (RS) have increased. The first cycle to the second cycle, 83% research subject have increased, except RS3 remains the same with 75 score. While on the second cycle to the third cycle, 83% from research subject increased except RS2 that have slightly decreased from 100 to 95. If at the beginning of the test cycle the average students score only 24.71, in the first cycle increased to 69.56, in the second cycle increased to 78.59 and in the third cycle became 81.03. The increased occurred to 100% of student at the beginning cycle test to first cycle, 90.63% students in the first cycle to second cycle, and 92% students in the second cycle to third cycle.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Lukita Ambarwati, S.Pd., M.Si. 2) Aris Hardiyan Wijaksana, M.Pd.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Mar 2022 06:27
Last Modified: 17 Mar 2022 06:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24803

Actions (login required)

View Item View Item