EVARANI JIHAN YOANDA, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN PMRI DENGAN MODEL ICI PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII-L SMP NEGERI 6 TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3.Bismillaah (ABSTRACT).pdf Download (288kB) |
|
Text
4.Bismillaah (ABSTRAK).pdf Download (88kB) |
|
Text
2.Bismillaah (Lembar Persetujuan).pdf Download (460kB) |
|
Text
8.Bismillaah (BAB II).pdf Download (508kB) |
|
Text
6.Bismillaah (Daftar Isi, Gambar, Tabel).pdf Download (106kB) |
|
Text
7.Bismillaah (BAB I).pdf Download (602kB) |
|
Text
10.Bismillaah (BAB IV).pdf Download (1MB) |
|
Text
11.Bismillaah (BAB V).pdf Download (97kB) |
|
Text
12.Bismillaah (DAFTAR PUSTAKA) - Copy.pdf Download (101kB) |
|
Text
9.Bismillaah (BAB III).pdf Download (516kB) |
|
Text
13.Bismillaah (LAMPIRAN FIX tambah biodata).pdf Download (7MB) |
|
Text
1.Bismillaah (Cover).pdf Download (121kB) |
|
Text
5.Bismillaah (Kata Pengantar).pdf Download (174kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan hasil tes awal kemampuan pemahaman konsep matematis yang dilakukan di kelas VII-L SMP Negeri 6 Tangerang, terlihat bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah, sehingga kemampuan tersebut perlu ditingkatkan. Dalam hal ini pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dengan model Interactive Conceptual Instruction (ICI) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pendekatan PMRI dengan model ICI di kelas VII-L SMP Negeri 6 Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Siswa diberikan tes setiap akhir siklus untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini berlangsung dari bulan Oktober sampai November 2016 di kelas VII-L SMP Negeri 6 Tangerang tahun ajaran 2016/2017, dengan jumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui pendekatan PMRI dengan model ICI dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata skor kemampuan pemahaman konsep matematis keenam subjek penelitian (SP). Rata-rata pada penelitian pendahuluan adalah 48, pada siklus I meningkat menjadi 59, pada siklus II meningkat menjadi 64, dan pada siklus III meningkat menjadi 85. Di samping itu, ratarata skor tes kemampuan pemahaman konsep matematis seluruh siswa kelas VII-L SMP Negeri 6 Tangerang juga mengalami peningkatan. Rata-rata pada penelitian pendahuluan adalah 43, pada siklus I meningkat menjadi 56 (meningkat 30%), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 62 (meningkat 11%), dan pada siklus III meningkat menjadi 79 (meningkat 27%). Sementara jumlah siswa yang mendapat skor pemahaman konsep matematis mencapai atau melebihi KKM juga mengalami peningkatan. Terdapat satu orang (3,10%) yang mendapat skor melebihi KKM pada penelitian pendahuluan, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 3 orang (9,38%), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 7 orang (21,88%), dan pada siklus III meningkat menjadi 24 siswa (75%). Pada siklus III dilakukan banyak perbaikan baik pada lembar aktivitas siswa, porsi materi atau bahan ajar, maupun waktu pelaksanaan tes akhir siklus yang kondusif. Based on observations and the results of the mathematically concept comprehension ability pre-tests in class VII-L SMP Negeri 6 Tangerang, it shows that the students' mathematically concept comprehension ability is still low, so that ability is should be enhanced. In this case, RME Indonesia approach with Interactive Conceptual Instruction (ICI) model can be used as an alternative in the implementation of learning mathematics in the classroom. This study is aimed to improve students' mathematically concept comprehension ability through RME Indonesia approach with Interactive Conceptual Instruction (ICI) model in class VII SMP Negeri 6 Tangerang. This study is a Class Action Research that be held in three cycles. Students are given a test at each end of the cycle, to measure the students’ mathematically concept comprehension ability. The study is started from October to November 2016 in class VII-L SMP Negeri 6 Tangerang on 2016/2017 school year, with the number of 32 students. The results showed that the learning of mathematics through RME Indonesia approach with Interactive Conceptual Instruction (ICI) model can improve students' mathematically concept comprehension. This is evidenced by the increase in the average score of the mathematically concept comprehension from sixth research subjects (SP). Average of the preliminary study was 48, on the first cycle is increased to 59, on the second cycle is increased to 64, and on the third cycle is increased to 85. In addition, the average score of the mathematically concept comprehension test for all students in class VII-L SMP Negeri 6 Tangerang is also increased. The average on the preliminary study was 43, the first cycle is increased to 56 (up to 30%), then on the second cycle is increased to 62 (up to 11%), and the third cycle is increased to 79 (up to 27%). While the number of students who score a mathematical concept understanding reached or exceeded KKM also increased. There is one student (3.10%) who received a score exceeding the KKM in the preliminary study, then in the first cycle increased to 3 students (9.38%), then on the second cycle increased to 7 students (21.88%), and on the third cycle increased to 24 students (75%). In the third cycle made many improvements both on the student activity sheet, the portion of the material or materials, nor the timing of the end of the cycle conducive test
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Drs. Swida Purwanto, M. Pd, 2) Ir.Fariani Hermin, MT, |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 06:58 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 06:58 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24818 |
Actions (login required)
View Item |