PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) CHAMILO UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA SMA KELAS XI SEMESTER II

BETA DEVITA, . (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) CHAMILO UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA SMA KELAS XI SEMESTER II. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI BETA DEVITA-3215130840.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran e-learning berbasis LMS Chamilo untuk materi fisika kelas XI semester II. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Media e-learning yang dihasilkan menampilkan menu materi untuk setiap KD. Setiap menu materi pembelajaran berisi materi pembelajaran yang ditampilkan secara utuh untuk setiap pokok bahasan. Materi tersebut dapat dibaca di layar komputer atau dapat juga diunduh. Dalam kotak menu pembelajaran, materi diperkaya dengan video pembelajaran dan tes pemahaman siswa. Selain menu pembelajaran, media e-learning dilengkapi dengan agenda dan forum diskusi antar pengguna. Forum diskusi memungkinkan terjadinya interaksi antar pengguna atau pengguna dengan guru, sehingga memudahkan pengguna dalam memahami materi fisika yang ditampilkan. Hasil uji kelayakan media e-learning oleh ahli materi adalah 86,7%, ahli media 93%, dan ahli pembelajaran 94%. Sedangkan uji efektivitas oleh siswa SMA memperoleh skor gain sebesar 0,56 atau interpretasi kenaikan skor sedang. Dari hasil uji kelayakan dan uji efektivitas media e-learning, maka dapat disimpulkan bahwa media e-learning yang dikembangkan dinyatakan layak sebagai media pembelajaran online. This research aims to produce e-learning based on LMS Chamilo for physics grade XI second semester. This research uses Research and Development (R & D) method. The result of e-learning media displays the material menu for each KD. Each menu of learning material is wrapped intact for each subject. The material can be read on the computer screen or can also be downloaded. In the learning menu box, the material is enriched with learning videos and students' comprehension tests. In addition to the learning menu, e-learning tools come with an agenda and discussion forums between users. Discussion forum with the teachers, making it easier for users to understand the material of developing physics. The feasibility test result of e-learning tool by expert material is 86,7%, media expert 93%, and learning expert 94%. While effectiveness tests by high school students obtained a gain score of 0.56 or a moderate score increase interpretation. From the result of feasibility test and effective test of e-learning media, hence can be concluded that e-learning which developed proper to be online learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Fauzi Bakri, S.Pd.,M.Si. 2). Dewi Muliyati, S.Pd.,M.Si., M.Sc.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Mar 2022 06:57
Last Modified: 17 Mar 2022 06:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24819

Actions (login required)

View Item View Item