PENGEMBANGAN SISTEM E-LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA POKOK BAHASAN USAHA & ENERGI UNTUK FISIKA SMA

ERNAWATI, . (2017) PENGEMBANGAN SISTEM E-LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA POKOK BAHASAN USAHA & ENERGI UNTUK FISIKA SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ERNAWATI 3215136358.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sistem pembelajaran elearning dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan Usaha & Energi untuk Fisika SMA. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. E-learning berbasis moodle yang disajikan menampilkan fitur seperti latihan soal, chat, forum, rapor dan kuis. Pembelajaran yang diterapkan dalam e-learning sesuai dengan tahapan pembelajaran berbasis massalah yaitu mengorientasikan siswa kepada masalah, mengorganisaikan siswa untuk meneliti, membimbing penyelidikan, mengembangkan dan menyajikan hasil karya serta mengevaluasi hasil. E-Learning ini sudah melalui tahap validasi dan tahap uji lapangan. Dengan hasil validasi ahli materi sebesar 82,5 %, validasi ahli media sebesar 84,3 %, validasi ahli pembelajaran sebesar 87,5 %, uji coba guru sebesar 85,7 % dan uji coba siswa sebesar 83,17 %. Berdasarkan hasil validasi dan uji lapangan pengembangan sistem e-learning dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dinyatakan layak digunakan untuk media pembelajaran fisika. This study aims to produce e-learning learning system by applying the problembased learning model on the subject of work & Energy for High School Physics. This research is a Research and Development (R & D) research using ADDIE development model. The moodle-based e-learning presented features such as exercise questions, chats, forums, report cards and quizzes. Learning applied in e-learning in accordance with the stages of mass-based learning is to orient students to the problem, organize students to research, guide the investigation, develop and present the work and evaluate the results. E-Learning has been through the validation phase and field test phase. With the result of material expert validation by 82,5%, validation of media expert equal to 84,3%, validation of expert of learning equal to 87,5%, teacher test equal to 85,7% and student test 83,17%. Based on the results of validation and field test of elearning system development using problem-based learning model is declared eligible to be used for physics learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr.Ir.Vina Serevina, MM 2) Dr. Anggara Budi Susila, M.Si
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Mar 2022 07:09
Last Modified: 17 Mar 2022 07:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24824

Actions (login required)

View Item View Item