PENGEMBANGAN MEDIA CETAK UNTUK PENGULANGAN HAFALAN (MUROJA’AH) DENGAN PENDEKATAN BERMAIN BAGI SISWA SD

SITI FATHIMAH AZZAHRAH, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA CETAK UNTUK PENGULANGAN HAFALAN (MUROJA’AH) DENGAN PENDEKATAN BERMAIN BAGI SISWA SD. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (961kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian R&D ini bertujuan untuk menghasilkan media cetak untuk pengulangan hafalan (muroja’ah) Al-Quran dengan pendekatan bermain self-correction bagi siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT HIRO Quranic School Kota Bekasi, Jawa Barat pada tahun 2021. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas II - VI SD. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan angket. Metode analisis data terdiri atas analisis deskriptif kualitatif. Produk dari penelitian ini adalah media cetak untuk pengulangan hafalan muroja’ah Al-Quran dengan konsep self-correction untuk siswa SD. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu media cetak untuk pengulangan hafalan (muroja’ah) Al-Quran berada pada kategori layak. Berdasarkan hasil kajian efektivitas para ahli dan pengguna media untuk pengulangan hafalan (muroja’ah) ini berada pada kriteria cukup efektif untuk digunakan dalam pembelajaran tahfidz. Rekomendasi berdasarkanpenelitian ini yaitu: (1) Sekolah dan guru dapat memberikan fasilitas pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, terutama dalam memberikan pendalaman dengan pendekatan media tertentu yang bervariasi dan bahan pembelajaran yang relevan; (2) Guru perlu mengembangkan media yang sesuai dengan level materi pembelajaran sebagai bahan belajar mandiri siswa pada level usianya; (3) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat meningkatkan kualitas media baik dari segi materi, media, dan desain pembelajaran yang lebih baik lagi dan memiliki kemudahan akses bagi siswa serta meningkatkan kualitas hafalan siswa. Kata Kunci : Media, Pengulangan, Hafalan, Muroja’ah, Tahfidz. *********** ABSTRACT The objective of this research was to produce printed media for memorizing (muroja'ah) Al-Quran with a self-correction playing approach for primary school students. It was a R&D research conducted at SDIT HIRO Quranic School, Bekasi, West Java in 2021. Subject of the research are grade II-VI primary school’s students. The data were collected through participant observation using interview, observation, document study. The product of this research is printed media for repetition of memorizing (muroja'ah) Al-Quran with Self-correction concept for primary school students. Conclusion from the results of this study, the printed media for repetition of memorizing (muroja'ah) Al-Quran is in the appropriate category. Based on the results of the study of effectiveness by experts and media users are in the criteria of being effective enough to be used in tahfidz learning. The findings lead to the recommendation to practice continuous education (1) Schools and teachers can provide learning facilities that are in accordance with the characteristics of students, especially in providing deepening with certain varied media approaches and relevant learning materials; (2) Teachers need to develop media that are appropriate to the level of learning materials as independent learning materials for students at their age level; (3) Further researchers are expected to be able to improve the quality of the media both in terms of materials, media, and learning designs that are even better and have easy access for students and improve the quality of student memorization.. Keywords: Media, Repetition, Memorizing, Muroja'ah, Tahfidz

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Khaerudin, M.Pd. ; 2). Erry Utomo, M.Ed., Ph.D
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 13977 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2022 03:26
Last Modified: 21 Mar 2022 03:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24873

Actions (login required)

View Item View Item