PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DAN SLIDE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PKN SISWA (Studi Komparatif di SMA Negeri 1 Sukatani Kabupaten Bekasi)

R. AJENG PINASTHIKA, . (2012) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DAN SLIDE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PKN SISWA (Studi Komparatif di SMA Negeri 1 Sukatani Kabupaten Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi ajeng.pdf

Download (451kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh semua guru menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik motivasi siswa untuk belajar mata pelajaran PKn. Salah satunya yaitu media pembelajaran audio visual. Seperti di SMA Negeri 1 Sukatani penggunaan media pembelajaran audio visual sudah diterapkan disekolah tersebut sangatlah ampuh untuk memotivasi siswa untuk mempelajari mata pelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan berdasarkan data atau fakta yang teruji, benar dan dapat dipercaya tentang apakah terdapat pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap motivasi belajar PKn. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai dengan Mei 2012. Metode yang digunakan adalah metode komparasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik purposive random sampling. Jumlah sample sebanyak 70 siswa pada kelas X1 dan X2 SMA Negeri 1 Sukatani. Untuk menguji kesahan instrument terlebih dahulu dilakukan uji coba instrument penelitian, dari 30 instrumen penelitian yang diuji coba pada � = 0,05 dan rtabel = 0,361 didapat 23 instrumen valid, 7 drop, selanjutnya dilakukan perhitungan uji realibilitas pada � = 0,05 dan rtabel 0,361 didapat nilai r11 = 0,873 dan termasuk pada realibilitas instrument tinggi. Setelah itu dilakukan pengujian persyaratan data dengan uji normalitas menggunakan rumus lillieforse (� = 0,05 n=70)hasil perhitungan untuk kelas yang menggunakan audio visual adalah Lhitung= 0,130 Ltebel=0,140 dan pada kelas yang menggunakan media pembelajaran slide Lhitung = 0,151 Ltabel=0,161 karena Lhitung < Ltabel maka data berdistribusi normal pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t perhitungan penelitian ini menghasilkan thitung=11,015 sedangkan ttable=2,00 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima Hasil pengujian hipotesis diatas menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh media pembelajaran audio visual dan slide terhadap motivasi belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sukatani.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Achmad Husen, M.Pd 2. Yuyus Kardiman, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 23 Jan 2020 12:00
Last Modified: 02 Feb 2021 15:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2490

Actions (login required)

View Item View Item