PENGARUH TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMK PUSAKA 1 JAKARTA

AYUWINARTI PURBA, . (2017) PENGARUH TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMK PUSAKA 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Ayuwinarti Purba.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pengetahuan berdasarkan data dan fakta yang valid, dapat dipercaya, dan dapat dipertanggungjawabkan tentang Apakah terdapat pengaruh model Team Assisted Individualization dengan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol menggunakan model Discovery Learning dan kelas eksperimen menggunakan model Team Assisted Individualization. Penelitian ini dilakukan di SMK Pusaka 1, Jl. Pahlawan Revolusi No 89, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur. Objek penelitian berupa meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada pokok pembahasan aktiva tetap pada mata pelajaran akuntansi keuangan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dilakukan melalui kuesioner, lembar keterlaksanaan observasi. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Team Assisted Individualization dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas eksperimen. Berdasarkan hasil observasi motivasi ekstrinsik kelas eksperimen 50,59%, lebih tinggi dibandingkan dengan motivasi eksrinsik kelas kontrol 49,26%. Berdasarkan perhitungan rata-rata dari 35 siswa setiap kelas, pada kelas eksperimen sebanyak 20 siswa memiliki motivasi diatas rata-rata, sedangkan pada kelas kontrol siswa yang memiliki motivasi diatas rata-rata sebanyak 16 siswa. The purpose of this study is to obtain knowledge based on data and facts that are valid, reliable, and accountable about whether there is influence Team Assisted Individualization of student motivation. This study used classroom action research with control and experimental classes. Control class using discovery learning model and experiment class using Team Assisted Individualization model. This research is done in SMK Pusaka 1, street of Pahlawan Revolusi Number 89, Pondok Bambu, Duren Sawit, East Jakarta. The object of research to increases motivation to learn especially on the subject of fixed asset in the subject of financial accouting. Research methods used to collect data is a questionnaire, sheet of observation. The method used in analyzing the data is a qualitative method. The result showed that the use of Team Assisted Indvidualization model can improve studenting motivation of experimental class. Based on observation of extrinsic motivation of experimental class 50,59%, higher than compare with extrinsic motivation of control class 49,26%. Based on calculation of the average of 35 students per class, in the experimental class as many as 20 students have above average motivation, while in the control class students who have motivation above average as many as 16 students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ati Sumiati, S.Pd, M.M 2). Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Mar 2022 00:50
Last Modified: 21 Mar 2022 00:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24921

Actions (login required)

View Item View Item