PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK FISIKA SMA

EMI SEPTIYANTI, . (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK FISIKA SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_EMI SEPTIYANTI_3215126546.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Guided Inquiry untuk fisika SMA sehingga layak dan dapat dijadikan bahan ajar untuk mendukung pembelajaran fisika. Pengembangan ini terdiri dari tahap 6 tahap, yaitu: Analisis Pembelajaran; Menentukan Standard dan Tujuan; Memilih Starategi, Teknologi, Media, dan Bahan Ajar; Menggunakan Teknologi, Media, dan Bahan Ajar; Mengembangkan Partisipasi Peserta Didik; dan Mengevaluasi dan Merevisi.LKS divalidasi oleh ahli materi, media, pembelajaran, dan guru SMA. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh presentase sebesar 78,45% yang termasuk ke dalam kategori “sangat baik”. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh presentase sebesar 88,69% yang termasuk ke dalam kategori “sangat baik”. Hasil validasi oleh ahli pembelajaran memperoleh presentase sebesar 72,70% yang termasuk ke dalam kategori “baik”. Hasil uji coba dengan uji N-gain memperoleh nilai sebesar 0,596825 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Hasil penelitian menyatakan LKS berbasis Guided Inquiry untuk fisika SMA layak dan dapat dijadikan bahan ajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kategori sedang This research is aimed to develop the student work sheet based Guided Inquiry for senior high school physic so it can be used as teaching materials to support learning physics. This study development consist of six phases: Analyze Learners; State Standards and Objectives; Select Strategies, Technology, Media, and Materials; Utilize Technology, Media, and Materials; Require Learner Participation; and Evaluate and Revise.Student work sheet validated by subject matter expert, media expert, learning expert, and senior high school teacher. Validation result by subject matter expert earn percentage of 78,45% were categorized as “excellent”. Validation result by media expert earn percentage of 88,69% were categorized as “excellent”. Validation result by learning expert earn percentage of 72,70% were categorized as “good”. The result of test phase by N-gain earn value of 0,596825 were categorized as medium. The result of research leads to the conclusion that student work sheet based Guided Inquiry for senior high school physics can be used as teaching materials and increase student learning outcomes were categorized as medium.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Vina Serevina, MM 2) Drs. Cecep E. Rustana, PhD
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Mar 2022 01:33
Last Modified: 21 Mar 2022 01:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24938

Actions (login required)

View Item View Item