PERBEDAAN KECEMASAN MAHASISWA DALAM MENGHADAPI TES FISIOLOGI REPRODUKSI HEWAN MENGGUNAKAN SISTEM UJIAN ONLINE DAN SISTEM UJIAN KONVENSIONAL

EMI, . (2017) PERBEDAAN KECEMASAN MAHASISWA DALAM MENGHADAPI TES FISIOLOGI REPRODUKSI HEWAN MENGGUNAKAN SISTEM UJIAN ONLINE DAN SISTEM UJIAN KONVENSIONAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3415126622_EMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam menghadapi tes, umumnya sesorang akan merasakan kecemasan dalam tingkat yang berbeda-beda. Kecemasan ini disebut kecemasan dalam menghadapi tes (Test Anxiety). Test anxiety pada tingkatan berat dapat menurunkan motivasi, hasil dan prestasi belajar hingga kegagalan akademik. Oleh karena itu, hal ini perlu ditanggapi dengan serius. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang perbedaan kecemasan mahasiswa dalam menghadapi tes Fisiologi Reproduksi Hewan dengan menggunakan sistem ujian online dan sistem ujian konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di Kampus Universitas Negeri Jakarta pada September-Desember 2016. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Sampel penelitian diperoleh secara purposive sampling, yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yang sedang mengambil mata kuliah Fisiologi Hewan. Prodi Pendidikan Biologi terdiri dari dua kelas, yaitu kelas 1 yang melaksanakan ujian secara online dan kelas 2 yang melaksanakan ujian secara konvensional. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang dibuat menggunakan skala likert yang memiliki empat alternatif jawaban. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan Uji F. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan Uji t menunjukan berarti tidak terdapat perbedaan kecemasan mahasiswa dalam menghadapi tes Fisiologi Reproduksi Hewan menggunakan sistem ujian online dan sistem ujian konvensional. Test anxiety is commonly experienced among student during test. High anxiety can lower levels of motivation, learning outcomes and achievement until academic failure. Therefore, this needs to be taken seriously. The aimed of this study was to obtain data about the Differences in student anxiety of Animal Reproduction Physiology test using online based and paper based examination. The research was conducted at Universitas Negeri Jakarta in September-December 2016. The method used was descriptive method. Samples were obtained by purposive sampling, that was Biology Education Studies Program students who are taking courses in Animal Physiology. Study programme of Biology Education consists of two classes, class one were conducting online based examinations and class two paper based exam. The instrument used was a questionnaire made using a Likert scale that has four alternative answers. The prerequisite analysis test was the test of normality with the Kolmogorov-Smirnov test and homogeneity test with test F. Based on the calculations, the data were normally distributed and homogeneous. Hypothesis testing using the t test results showed there was no differences in student anxiety of Animal Reproduction Physiology test using online based and paper based examination.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Rusdi, M.Biomed 2) Dian Evriyani, S.Kep., M.B.Sc
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Mar 2022 01:39
Last Modified: 21 Mar 2022 01:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24939

Actions (login required)

View Item View Item