MANAJEMEN KINERJA GURU SMP DI SEKOLAH PSKD MANDIRI

TRI MAELINA, . (2016) MANAJEMEN KINERJA GURU SMP DI SEKOLAH PSKD MANDIRI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (827kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAGIAN DEPAN TESIS.pdf

Download (757kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (31kB)

Abstract

Pembinaan dan pengembangan guru tersebut dapat membantu meningkatkan kinerja guru. Agar dapat membantu peningkatan kinerja guru, maka diperlukan manajemen kinerja. Sekolah PSKD Mandiri adalah salah satu sekolah yang menerapkan sistem tersebut. Noe enyatakan bahwa, “we define performance management as the process through which managers ensure that employees’ activities and outputs are congruent with the organization’s goals”. Manajemen kinerja adalah proses yang membuat manajer yakin bahwa aktifitas dan hasil para pegawai telah sesuai dengan tujuan organisasi. Noe menambahkan bahwa “performance management is critical for companies to execute their talent management strategy, that is, to identify employee’s strengths and weaknesses, link employees to appropriate training and development activity, and reward good performance with pay and other incentives”. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa manajemen kinerja adalah suatu cara untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan, yang berhubugnan dengan pelatihan yang sesuai dan kegiatan pengembangan, dan perberian penghargaan untuk kinerja yang baik dengan gaji dan insentif. Dengan demikian dapat di dalam sistem manajemen kinerja ada penilaian kinerja dan pelatihan kemudian pemberian penghargaan bagi pegawai yang mempunyai kinerja bagus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dari Robert K. Yin. Langkah-langkah penelitian di atas terdiri dari 6 (enam) kegiatan, yaitu: plan, design, prepare, analyze, and share. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan sampel bertujuan (purposive sampling) dan snowball. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang sub fokus penelitian sekolah PSKD Mandiri sudah terencana dan sistematik. Penilaian kinerja guru iv dilakukan berbagai pihak yaitu kepala sekolah, tim pelatihan dan mentoring, siswa, teman sejawat dan guru itu sendiri. Setelah penilaian kinerja diberikan umpan balik yang dilakukan oleh kepala sekolah bersama tim training mentoring. Hasil akhir dari penilaian kinerja digunakan untuk menentukan kenaikan ataupun bonus. Peneliti menemukan pelatihan di sekolah SMP PSKD Mandiri diadakan setiap awal tahun ajaran, pertengahan tahun pelajaran dan ada pula pelatihan yang dilakukan secara regular pada setiap hari selasa. Bentuk- bentuk pelatihan yang diselenggarakan bermacam-macam yaitu in house training, peer teaching, e-learning, pelatihan diluar sekolah dan mentoring dari guru yang lebih senior kepada guru yang masih baru dan pelatihan secara online. Setelah pelatihan, pengawasan dilakukan oleh tim pelatihan dan mentoring bersama dengan Kepala sekolah melalui observasi penilaian dan dibantu oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum yang memeriksa rencana pengajaran. Berdasarkan hasil temuan di lapangan, wawancara dan dokumen, peneliti merekomendasikan kepada tim pelatihan dan mentoring agar mensosialisasikan sistem penilaian dan standar yang harus dicapai oleh guru pada awal tahun. Sedangkan untuk perencanaan pelatihan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan guru dan jadwal pelatihan diinformasikan kepada guru. Kepala sekolah hendaknya memberikan umpan balik secara proposional. Pengawasan dan evaluasi hasil pelatihan hendaknya tersusun dengan baik dengan cara membuat jadwal bersama tim pelatihan dan mentoring serta membantu guru yang mengalami kesulitan. Untuk pihak yayasan diharapkan dapat memberi informasi secara jelas tentang penghargaan yang diterima guru yang mempunyai kinerja bagus dan diharapkan tim training dan mentoring tidak lagi mendapat tugas mengajar sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Suryadi ; 2). Dr. Francis Tantri, SE, MM
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: PASCASARJANA > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 30 Dec 2019 11:48
Last Modified: 30 Dec 2019 11:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2495

Actions (login required)

View Item View Item