PENGARUH PENGETAHUAN ANGGOTA TENTANG PERKOPERASIAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA PADA KOPERASI KARYAWAN PDAM KOTA BOGOR TIRTA SANITA

ARINI SUKMAGALUH ARIFIN, . (2017) PENGARUH PENGETAHUAN ANGGOTA TENTANG PERKOPERASIAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA PADA KOPERASI KARYAWAN PDAM KOTA BOGOR TIRTA SANITA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ARINI.S SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan anggota tentang perkoperasian, kualitas pelayanan, dan partisipasi anggota serta menguji pengaruh pengetahuan anggota tentang perkoperasian dan kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota pada Koperasi Karyawan PDAM Kota Bogor Tirta Sanita, Tajur, Bogor. Penelitian ini menggunakan metode survey. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 227 orang anggota Koperasi Karyawan PDAM Kota Bogor Tirta Sanita. Penelitian atas pengetahuan anggota tentang perkoperasian sebagai X1 melalui instrumen tes yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Kualitas Pelayanan sebagai X2 dan Partisipasi Anggota sebagai Y diteliti melalui instrumen non tes berupa kuesioner yang juga telah di uji validitas dan reliabilitasnya, sehingga instrumen-instrumen dalam penelitian ini valid dan reliabel untuk digunakan. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear berganda. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan anggota tentang perkoperasian dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap partisipasi anggota. Hasil uji F menunjukkan pengetahuan anggota tentang perkoperasian dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap partisipasi anggota. This study aims to describe member's knowledge about cooperatives, service quality, and participation of members and to examine the influence of members' knowledge about cooperatives and service quality to member participation in PDAM Kota Bogor Employee Cooperative Tirta Sanita, Tajur, Bogor. This research used survey method. Data collection using observation techniques, interviews, tests and questionnaires with the number of respondents as much as 227 members of the Cooperative Employees PDAM Kota Bogor Tirta Sanita. Research on member knowledge about cooperatives as X1 through test instruments that have been tested the validity and reliability. Quality of Service as X2 and Member Participation as Y is examined through non test instrument in the form of questionnaire which has also been tested its validity and reliability, so that the instruments in this research is valid and reliable to be used. The data analysis technique used is multiple linear regression test. The result of t test shows that partially the member knowledge about cooperatives and service quality significantly influence member participation. The result of F test shows that member knowledge about cooperatives and service quality simultaneously influences member participation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. I Ketut R. Sudiarditha, M.Si 2). Dr. Karuniana Dianta A. Sebayang, S.IP, M.E
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Mar 2022 02:02
Last Modified: 21 Mar 2022 02:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24953

Actions (login required)

View Item View Item