PENGEMBANGAN MEDIA EDUKASI PERMAINAN KARTU PINTAR FISIKA INTI UNTUK PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA PEMBAHASAN RADIOAKTIVITAS

EKA SUSILOWATI, . (2017) PENGEMBANGAN MEDIA EDUKASI PERMAINAN KARTU PINTAR FISIKA INTI UNTUK PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA PEMBAHASAN RADIOAKTIVITAS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI-EKA SUSILOWATI-3215133249-PENGEMBANGAN MEDIA EDUKASI PERMAINAN KARTU PINTAR FISIKA INTI U.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kebutuhan media edukasi dalam pembelajaran fisika melatar belakangi penelitian pengembangan media edukasi permainan kartu pintar fisika inti untuk pemahaman konsep fisika pada pembahasan radioaktivitas. Tujuan penelitian ini: mengetahui kelayakan media edukasi permainan kartu pintar fisika inti untuk media pembelajaran pada materi fisika inti khususnya radioaktivitas. Jenis penelitian yang digunakan penelitian pengembangan dengan model Dick dan Carey. Data diperoleh dari responden penelitian yaitu siswa, guru dan para ahli. Para ahli untuk proses validasi yang terdiri dari ahli media dan ahli materi. Teknik pengumpulan data berupa: oberservasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian permainan kartu pintar fisika inti yang dikembangkan memperoleh persentase sebesar 91% pada aspek media, 85% aspek materi, 77% aspek pembelajaran oleh guru, dan 82% oleh pelajar. Berdasarkan Skala kelayakan menyatakan bahwa media edukasi permainan kartu pintar fisika inti pada pembahasan radioaktivitas layak untuk dijadikan media pembelajaran. Dengan nilai gain 0,55 menyatakan permainan kartu pintar fisika inti radioaktivitas memberi dampak pemahaman konsep bertaraf sedang sebagai media pembelajaran fisika yang efektif. The need for educational media such as smart card game lays out the research of the development of educational media of smart card game of core physics to understand physics concepts in the radioactivity topic. The purpose the study is to determine the feasibility of educational media, smart card game, as a learning media of core physics, especially in radioactivity topic. The type the study is research development by Dick and Carey model. The data are obtained from respondents that are; students and teachers, and the specialist. The specialist for the validation process consist of media specialist and material specialist. The data collection techniques used are: oberservation, questionnaire, and interview. The results of smart card game of core physics developed 91% of the media, 85% of the material, 77% of the learning by the teacher, and 82% by the students. Based on the feasibility scale stated that the educational media of smart card game of core physics on the discussion of radioactivity is feasibe to be used as medium of learning. A gain value of 0.55 declaring the smart card game of core physics of radioactivity topic gives the impact of understanding the concept of moderate as an effective medium of physics learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Raihanati, M.Pd 2) Drs. Siswoyo, M.pd,
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Mar 2022 02:17
Last Modified: 21 Mar 2022 02:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24960

Actions (login required)

View Item View Item