PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA PESERTA DIDIK BERGAYA BELAJAR KINESTETIK

EKA FITRIANI WIDYASTUTI, . (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA PESERTA DIDIK BERGAYA BELAJAR KINESTETIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB)

Abstract

Kebanyakan dari tenaga pendidik khususnya guru, saat ini masih kurang memahami bahwa tidak semua peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran ketika metode pembelajaran yang digunakan tidak sesuai dengan dominansi gaya belajar yang dimiliki oleh peserta didiknya. Hal ini dapat mengakibatkan proses penerimaan informasi terganggu dan tujuan pembelajaran tidak tercapai. Secara umum peserta didik yang memiliki gaya belajar kinestetik belajar melalui gerakan, mereka perlu bergerak untuk mengolah informasi ke dalam otak. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik bergaya belajar kinestetik adalah metode pembelajaran Role Playing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar biologi peserta didik bergaya belajar kinestetik pada materi Sistem Ekskresi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 216 Jakarta pada bulan Januari-mei 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Jumlah sampel pada tiap kelas yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 29 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar yang berbeda antara kelas eksperimen dan kontrol. Uji prasyarat analisis menunjukan data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan Independent t-test memiliki p-value < 0,05 oleh karena itu tolak H0 yang berarti terdapat pengaruh metode pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar biologi peserta didik bergaya belajar kinestetik pada materi Sistem Ekskresi. Most of the educater, especially teachers, currently still lack their understanding that not all learners can achieve learning objectives when the learning method used is not in accordance with the dominance of learning styles of learners. This can lead to disruption in the process of receiving disrupted and learning objectives. In general, learners who have kinesthetic styles through movement, they need to move to process information into the brain. One of the alternative learning methods that can be applied to maximize the potential of kinesthetic-style learners is the Role Playing method. This study aims to determine the effect of Role Playing learning methods on the material kinesthetic style learner on the material excretory system. This research was conducted at SMPN 216 Jakarta in January-May 2017. The research method used as Quasi Eksperiment. The number of samples in each class used in this study as many as 29 students. Based on the result of research, mean value of different learning result between experiment and control class. The prerequisite analysis test showing normal and homogeneous distribution data. Based on hypothesis test by using Independent t-test has p-value < 0,05 therefore reject H0 which mean there was an influence of learning Role Playing method material of to kinestetik learner in excretion system.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Eka Putri Azrai, S.Pd., M.Si 2) Sri Rahayu, S.Kep., M
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Mar 2022 02:42
Last Modified: 21 Mar 2022 02:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24972

Actions (login required)

View Item View Item