PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 17 JAKARTA

ANIS NILAM MARSITA, . (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 17 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI Anis Nilam Marsita.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar secara simultan terhadap hasil belajar pengantar akuntansi siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 17 Jakarta. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 17 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode survey. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 17 Jakarta yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling sehingga didapatkan sampel sejumlah 62 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pengantar akuntansi I sebesar 46%; 2) aktivitas belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pengantar akuntansi I sebesar 47%; 3) motivasi belajar dan aktivitas belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pengantar akuntansi I sebesar 51,6%. This study aims to determine the effect of learning motivation and learning activity to learning outcomes on introduction to accounting student class X accounting major in Smk Negeri 17 Jakarta. The research conduct at SMK Negeri 17 Jakarta. The research method use is survey method. The population in this study is student class X accounting major in SMK Negeri 17 Jakarta as many as 72 students. The sample use as many as 62 students. The sampling technique in this study is proportionate stratified sampling. The method of collecting data is using questionnaries and documentation. The result of this research indicated that: 1) learning motivation siginificant effects to learning outcomes on introduction to accounting I of 46%; 2) learning activity siginificant effects to learning outcomes on introduction to accounting I of 47%; 3) learning motivation and learning activity simultaneously siginificant effects to learning outcomes on introduction to accounting I of 46%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Zulaihati, M.Si. 2). Erika Takidah M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Mar 2022 03:46
Last Modified: 21 Mar 2022 03:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24997

Actions (login required)

View Item View Item