PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK BINA BANGSA MANDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017 PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN

AMALIA NAWANGSIH, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK BINA BANGSA MANDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017 PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Amalia Nawangsih.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Bina Bangsa Mandiri tahun ajaran 2016/2017 pada mata pelajaran kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pada penelitian ini , kelompok eksperimen berjumlah 26 siswa dan kelompok kontrol berjumlah 24 siswa. Pada kelompok eksperimen diberikan tindakan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw, sedangkan kelompok kontrol diberikan tindakan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa yaitu berupa tes objektif kepada siswa. Hasil teknik analisis data sebagai berikut : semua data dalam penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis yaitu uji t-test diperoleh T hitung (2,59) > T tabel (2,056). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Maka hal ini dapat membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. The purpose of this study to determine the influence og jigsaw cooperative learning model with student’s learning outcomes on kewirausahaan subject 11th grade with academic year 2016/2017 in Bina Bangsa Mandiri vocational high school. This study used a experimental method. In this study, experimental class numbered 26 students and control class numbered 24 students. In experimental class was given an action with jigsaw cooperative lerning model while control class was given an action with problem based learning model. The instrument used for students learning outcomes was an objective test to students. The result of data analyst techniques as follows : all data are normal and homogeneous. Result of hypothesis test using t-test obtained T count (2,59) > T tabel (2,056).). therefore concluded that there is difference between learning outcomes of students who used jigsaw cooperative learning model with learning outcomes of students who used problem based learning model. Then this proves that jigsaw cooperative learning model use has an effect on students learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ati Sumiati, S.Pd.,M.Si 2). Santi Susanti S.Pd.,M.Ak
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Mar 2022 06:13
Last Modified: 21 Mar 2022 06:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25024

Actions (login required)

View Item View Item