PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMKN 8 JAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

AHMAD FITRAH, . (2017) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMKN 8 JAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Ahmad Fitrah.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orangtua dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran pengantar akuntasi kelas X Akuntansi SMK Negeri 8 jakarta, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis asosiatif. Pengumpulan data menggunakan proporsional random sampling. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas X Akuntansi 1,2,dan 3 sebanyak 108 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 84 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis, regresi berganda dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan Dari perhitungan uji koefisien regresi parsial antara variabel perhatian orang tua dengan hasil belajar yang menggunakan SPSS menyatakan bahwa thitung (4,932) > ttabel (1,989) sehingga hipotesis Ho ditolak yang artinya secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara variabel minat belajar dengan hasil belajar yang menggunakan SPSS menyatakan bahwa thitung (3,287) > ttabel (1,989) sehingga hipotesis Ho ditolak yang artinya secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa Secara simultan, menyatakan bahwa dapat dilihat Fhitung > Ftabel (22,902>3,11). Hal ini berarti bahwa persepsi siswa tentang perhatian orang tua dan minat belajar berpengaruh secara serentak dengan hasil belajar. Jadi kemampuan dari variabel perhatian orang tua dan minat belajar untuk menjelaskan hasil belajar secara simultan sebesar 36,1%. This study aims to determine the effect of parental attention and interest of student learning to the learning outcomes of students subjects introductory accounting class accounting smk x 8 jakarta country, either partially or simultaneously. This study uses a quantitative method with associative analysis. Collecting data using proportional random sampling. The population in this study are affordable student / i class x Accounting 1, 2, and 3 108 students with research samples totaling 84 students. Data analysis technique used is the test requirements analysis, regression and hypothesis testing consisting of t test and test calculations F. Based on From partial regression coefficient between the variables attention of parents with learning results using SPSS stated that thitung (4.932)> ttabel (1,989) so the hypothesis Ho partially rejected, which means significant terdapat pengaruh the attention of parents and student learning outcomes. This study also shows that there is a partial effect between the variables of interest in learning the learning results using SPSS stated that thitung (3.287)> t table (1.989), so the hypothesis Ho is rejected, which means partially terdapat pengaruh significant relationship between interest in learning with student learning outcomes Simultaneously , states that can seing by F count> F table (22.902> 3.11). This means that students' perceptions of parental attention and interest in learning effect simultaneously with the learning outcomes. So the ability of the variables of parental attention and interest in learning to describe learning outcomes simultaneously by 36.1%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra Sri Zulaihati, M.Si 2). Achmad Fauzi, S.Pd, M.Ak
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Mar 2022 06:55
Last Modified: 21 Mar 2022 06:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25037

Actions (login required)

View Item View Item