PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 46 JAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

AHMAD ALFAN NUR, . (2017) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 46 JAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI Ahmad Alfan Nur 8105127985.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pengantar akuntansi siswa kelas XI SMK Negeri 46 Jakarta. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 46 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, pengamatan dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 46 Jakarta yang berjumlah 72 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 60 siswa. Data dari variabel X1 tentang lingkungan sekolah dan data variabel X2 tentang kebiasaan belajar merupakan data primer berbentuk kuesioner sedangkan data variabel Y tentang hasil belajar merupakan data sekunder berupa nilai ulangan tengah semester genap. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh positif secara parsial antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 2,926 lebih besar dari ttabel sebesar 2,002. Kebiasaan belajar secara parsial juga terdapat pengaruh positif terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,745 lebih besar dari ttabel sebesar 2,002. Secara simultan terdapat pengaruh lingkungan sekolah dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 14,533 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,16. Terdapat pengaruh yang positif antara lingkungan sekolah dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,581 dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2 ) sebesar 34%. Oleh karena itu, untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa perlu diperhatikan adanya tingkat lingkungan sekolah dan kebiasaan belajar yang memadai. This study aims to determine the effect ofschool environment and study habits for learning outcomes accounting introductory accounting class XI SMK 46 Jakarta. The research was conducted at SMK 46 Jakarta. This study uses quantitative methods. Collecting data using a document recording techniques, observation and questionnaires. Affordable population in this study were students of class XI Accounting at SMK 46 Jakarta totaling 72 students. The sampling technique using proportional random sampling to obtain a sample of 60 students. Data from variable X1 on the school environment and X2 variable data on study habits is the primary data in the form of questionnaires while the Y variable data on learning outcomes is secondary data in the form of test scores midterms. Data analysis technique used is multiple linear regression analysis and hypothesis testing consisting of t test and F. Based on the results of data analysis known that there is a positive effect partially between school environment to learning outcomes. Can be seen from the results of data analysis showed tcount amounted to 2,926 greater than ttabel 2,002. The study habits partially also a positive influence on learning outcomes, it is seen from the results of data analysis showed tcount amounted to 3,745 greater than ttabel 2,002. Simultaneously there is the influence of school environment and study habits on learning outcomes. Can be seen from the results of data analysis showed 14,533 Fcount value greater than the value Ftabel at 3.16. There are positive influence between school envirinment and study habits for learning outcomes with multiple correlation coefficient 0.581 thus the research hypothesis is accepted. Furthermore known coefficient of determination (R2) of 34%. Therefore, in order to improve student learning outcomes to note the level of school environment and adequatestudy habits

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Santi Susanti, S.Pd., M.Ak. 2). Ati Sumiati, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 00:55
Last Modified: 23 Mar 2022 00:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25076

Actions (login required)

View Item View Item