AFNI NUR OKTAFIANI, . (2017) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN SIKAP SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI DI SMK ISLAM PB. SOEDIRMAN 2 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI AFNI NUR OKTAFIANI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan berdasarkan data dan fakta yang valid serta dapat dipercaya untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan sikap siswa terhadap pembelajaran dengan prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi pada mata pelajaran komputer akuntansi di SMK Islam PB. Soedirman 2 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode survey dan dilakukan di SMK Islam PB. Soedirman 2 Jakarta. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen dan kuesioner. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan korelasi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (a) Secara total minat belajar yang dimiliki siswa rendah karena skor minat belajar yang berada di atas rata-rata sebesar 42% (b) Sikap siswa terhadap pembelajaran kurang baik karena skor sikap yang berada di atas rata-rata sebesar 40% (c) Prestasi belajar termasuk dalam kategori rendah karena nilai rapor yang berada di atas rata-rata sebesar 44%. Sedangkan temuan hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa minat belajar dan sikap terhadap pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi pada mata pelajaran komputer akuntansi di SMK Islam PB. Soedirman 2 Jakarta. This study is aimed to gain knowledge based on empirical data and facts are valid and reliable to know the relationship between interest in learning and student attitudes toward learning with student achievement in XI Accounting class of computer subjects in SMK Islam PB. Soedirman 2 Jakarta. This research uses survey method and conducted in SMK Islam PB. Soedirman 2 Jakarta. Data collection using document recording techniques and questionnaires. While the method of data analysis using descriptive statistical analysis and correlation. The result of descriptive analysis shows that: (a) The total interest of students' learning is low because the score of learning interest is above the average of 42% (B) Students' attitude towards learning is not good because attitude scores are above the average of 40% (C) Learning achievement is included in the low category because the report cards are above the average of 44%. While the findings of the results of correlation analysis showed that interest in learning and attitudes toward learning have a positive and significant impact with student achievement XI Accounting class of the subject of accounting computer in SMK Islam PB. Soedirman 2 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Santi Susanti, S.Pd., M.Ak 2). Ati Sumiati, S.Pd., M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 01:19 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 01:19 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25085 |
Actions (login required)
View Item |