PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK YANINDO JAKARTA

LICY GAYATRI, . (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK YANINDO JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_LICY GAYATRI_8105133214.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X akuntansi SMK Yanindo Jakarta baik secara parsial maupun secara simultan. Dalam penelitian ini digunakan metode survey dengan cara penyebaran kuesioner kepada responden. Populasi terjangkau dari penelitian ini adalah siswa kelas X akuntansi SMK Yanindo Jakarta yang berjumlah 78 siswa dengan sampel sebanyak 51 orang siswa. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis uji t dan uji F. Hasil daripada analisis data yang dilakukan diketahui bahwa terdapat pengaruh antara motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar secara parsial dilihat dari nilai thitung motivasi belajar sebesar 2,213 dan kebiasaan belajar sebesar 2,181 lebih besar dari ttabel sebesar 2,010. Diketahui juga bahwa secara simultan terdapat pengaruh antara motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 6,175 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,19. Diperoleh hasil hitung koefisien korelasi ganda sebesar 0,452 , maka hipotesis diterima dengan kategori cukup dan hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 20,5%. Dapat ditarik kesimpulan bahwa tedapat pengaruh antara motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pda mata pelajaran pengantar akuntansi. This study aims to determine the effect of learning motivation and learning habit on study achievement in the introductory subjects of accounting class X accounting SMK Yanindo Jakarta either partially or simultaneously. In this research used survey method by distributing questionnaires to respondents. The affordable population of this study is the students of class X accounting SMK Yanindo Jakarta which has 78 students with a sample of 51 students. The method of analysis used in this study is multiple linear regression and t test hypothesis and F test. The result of the data analysis showed that there was an influence between learning motivation and learning habits on study achievement partially seen from the t-calculation value of learning motivation 2,213 and learning habits of 2,181 greater than t-table of 2,010. It is also known that simultaneously there is an influence between learning motivation and learning habits on study achievement is shown with a F-count value of 6,175 is greater than F-table of 3,19. The results obtained calculate the coefficient of double correlation of 0,452, then the hypothesis accepted with enough category and the result of coefficient of determination (R2) is 20,5%. It can be concluded that there is the influence between learning motivation and learning habits on study achievement in the subject of accounting introduction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Sri Zulaihati, M.Si. 2) Santi Susanti, S.Pd, M.Ak.
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 01:52
Last Modified: 23 Mar 2022 01:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25096

Actions (login required)

View Item View Item