DINI AMALIA, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISSTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATERI LINGKARAN UNTUK SISWA KELAS 8-3 MTsN 27 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (91kB) |
|
Text
3. KATA PENGANTAR.pdf Download (170kB) |
|
Text
1, persembahan.pdf Download (63kB) |
|
Text
1. COVER.pdf Download (99kB) |
|
Text
5. DAFTAR TABEL.pdf Download (91kB) |
|
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (95kB) |
|
Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (100kB) |
|
Text
4. daftar isi.pdf Download (94kB) |
|
Text
9. bab II.pdf Download (546kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (246kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (260kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (98kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf Download (208kB) |
|
Text
lembar persetujuan.pdf Download (567kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif Team Assissted Individualization (TAI) di kelas 8-3 MTsN 27 Jakarta. Peneliti mengambil tujuh indikator pembelajaran pada pemahaman konsep, yaitu menyatakan ulang sebuah konsep; mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya; memberi contoh dan non contoh dari konsep; menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis; mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep; menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur tertentu; dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dan partisipatif. Tindakan dilaksanakan dalam tiga siklus. Pada setiap siklus, siswa diberikan tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan siswa terhadap pemahaman konsep matematika. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan awal siswa, tes tiap akhir siklus, lembar kerja siswa, alat dokumentasi, pedoman wawancara, lembar observasi, dan pedoman catatan lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes awal pada kegiatan pendahuluan, memberikan tes kemampuan pemahaman konsep matematika pada tiap akhir siklus, observasi, wawancara, dokumentasi selama proses pembelajaran, dan data mahasiswa sebagai peneliti dengan merefleksikan PTK guru. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif Team Assissted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata tes akhir yang diberikan pada setiap siklus. Rata-rata nilai tes akhir pemahaman konsep matematika siswa kelas 8-3 pada siklus I adalah 69.2, pada siklus II meningkat menjadi 70.2, dan pada siklus III meningkat menjadi 80.8. Kemudian jumlah siswa yang sudah mencapai KKM juga mengalami peningkatan. Pada siklus I sebanyak 54.3%, pada siklus II meningkat sebanyak 65.7%, dan pada siklus III meningkat sebanyak 97%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Sri Utami, M.Pd 2) Aris Hadiyan Wijaksana, M.Pd |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 02:17 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 02:17 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25104 |
Actions (login required)
View Item |