PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 115 JAKARTA

DIMAS SETYO UTOMO, . (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 115 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model problem-Based Learning dibandingkan dengan model konvensional terhadap kemampuan penalaran matematis yang ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa SMP Negeri 115 Jakarta pada tahun ajaran 2015/2016. Sampel terdiri dari 40 siswa yang dipilih berdasarkan hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa. Data diperoleh melalui angket kemandirian belajar dan soal kemampuan penalaran matematis yang kemudian dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Analisis dan interperetasi data menunjukkan bahwa : (1) Kemampuan penalaran matematis antara siswa yang diberikan model PBL dalam pembelajaran matematika lebih tinggi daripada siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan model konvensional; (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa; (3) Siswa dengan kemandirian belajar tinggi yang menggunakan model PBL mempunyai kemampuan penalaran matematis lebih tinggi daripada yang menggunakan model konvensional; (4) Siswa dengan kemandirian belajar rendah yang menggunakan model PBL mempunyai kemampuan penalaran matematis sama dengan yang menggunakan model konvensional. This study was conducted to determine the impact model of problem-based learning compared to conventional models of the mathematical reasoning abilities in terms of studentsself-regulated learning. The method used is a quasi-experimental population of all students of SMP Negeri 115 Jakarta in the academic year 2015/2016. The sample consisted of 40 students are selected based on the results of tests of students’ mathematical reasoning abilities. Data obtained through questionnaires about self-regulated learning and mathematical reasoning abilities are then analyzed with ANOVA two lanes. Analysis and interpretation data showed that: (1) The ability of the students' mathematical reasoning that uses the PBL model in learning mathematicswas higher than students in learning that uses the conventional model; (2) There is an interaction effect between models of learning and self-regulated learning to students’ mathematical reasoning abilities; (3) Students with high self-regulated learning that uses PBL models have mathematical reasoning abilities are higher than those using conventional models; (4) Students with low selfregulated learning that uses PBL models have the same mathematical reasoning skills with the use of conventional models.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Makmuri, M.Si, 2) Dra. Suprakarti, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 02:45
Last Modified: 23 Mar 2022 02:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25113

Actions (login required)

View Item View Item