PERILAKU ORGANISASI PT KAI COMMUTER JABODETABEK DALAM MEMBERIKAN EXCELLENCE PUBLIC SERVICE

ABIMAS RAMDHAN, . (2017) PERILAKU ORGANISASI PT KAI COMMUTER JABODETABEK DALAM MEMBERIKAN EXCELLENCE PUBLIC SERVICE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abimas Ramdhan_Skripsi_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk-bentuk perilaku organisasi yang terdapat pada PT KAI Commuter Jabodetabek dalam memberikan pelayanan publik prima. Penelitian ini juga akan menjelaskan strategi perilaku organisasi PT KAI Commuter Jabodetabek dalam meningkatkan kualitas layanan. Selanjutnya penelitian ini akan menganalisis kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh organisasi serta ancaman dan peluang yang dihadapinya melalui analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini bertempat di Kantor PT KAI Commuter Jabodetabek. Waktu penelitian yang dilakukan dimulai awal Maret sampai akhir Mei 2017. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah PT KAI Commuter Jabodetabek sebagai organisasi pelayanan jasa transportasi. Penelitian ini juga melibatkan lima informan kunci merupakan staf manajerial PT KAI Commuter Jabodetabek, satu informan triangulasi merupakan staf pengurus Masyarakat Transportasi Indonesia, dan lima informan pendukung yang merupakan pengguna jasa kereta commuter line. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi wawancara, dan dokumentasi data. Berdasarkan hasil temuan lapangan, perilaku organisasi KCJ terkategori menjadi tiga bentuk yaitu inovasi, adaptasi dan integritas organisasi. KCJ kemudian juga berupaya menerapkan perilaku organisasinya ke dalam produk layanannya dengan menggunakan pendekatan A6. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perilaku Organisasi, Excellence Public Service serta Analisis SWOT. Hasil temuan tersebut kemudian dianalisis dengan analisis SWOT yang menghasilkan, bahwa perlu strategi lebih lagi yang harus dilakukan oleh KCJ melalui perilaku organisasinya terhadap pelaksanaan pelayanan publik prima. Penerapan pelayanan di lapangan belum sesuai dengan ekspetasi organisasi, karena beberapa faktor dari eksternal organisasi yang membuat hal tersebut terjadi. Hal tersebut sesuai dengan hasil analisis SWOT yang dilakukan oleh peneliti. Permasalahan KCJ dalam melaksanakan kegiatan organisasi terdapat pada eksternal organisasi. Faktor eksternal tersebut berasal dari masyarakat, PT KAI sebagai induk organisasi dan Pemerintah. Faktor eksternal tersebut memilki pengaruh yang sangat besar terhadap KCJ. The purpose of this research is to explain forms of organizational behaviors at PT. KAI Commuter Jabodetabek. This research will also explain the organizational behavioral strategy of PT KAI Commuter Jabodetabek in improving service quality. This research also analyze the strength, opportunity, threat and weakness that are exist within PT. KAI Commuter Jabodetabek using SWOT analysis. This research uses qualitative approach with case study at PT. KAI Commuter Jabodetabek as the subject of this research. This research takes place at PT KAI Commuter Jabodetabek's head office. The time of the research started from the beginning of March to May 2017. PT KAI Commuter Jabodetabek itself is a well-known transport service provider organization. This research involves five managerial staffs at PT KAI Commuter Kabodetabek as key informants, one informant involved for triangulation is a staff member from Masyarakat Transportasi Indonesia. Five other supporting informants are passengers of PT KAI Commuter Jabodetabek Commuter Line. The technique of data collection is done by interview observation, and data documentation. The results of this research shows three forms of organizational behaviors at PT KJC, those are; innovation, adaptation and integrity of organizations. KCJ then also attempts to apply its organizational behavior into its service products using the A6 approach. The concepts used in this thesis are; Organizational Behaviors concept, Excellence Public Service, and SWOT analysis. All data obtained on this research then analyzed by SWOT analysis, shows that there is a need for more strategies to be undertaken by KCJ through its organizational behavior towards the implementation of excellent public services. The implementation of services has not fully meet the organisation's goals. This condition is based on the result of SWOT analysis done by the researcher that shows obstacles faced by PT KJC are mainly an external factors. Those external factors are from general public, PT KAI as main organization, and from the government. These external factors have significant influences towards KJC.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Yuanita Aprilandini, M.Si 2) Syaifudin, M.Kesos
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 03:01
Last Modified: 23 Mar 2022 03:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25121

Actions (login required)

View Item View Item