PERAN KOMUNITAS DALAM MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK JALANAN

ADE LAURA HOTMAIDA TAMBUNAN, . (2017) PERAN KOMUNITAS DALAM MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK JALANAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SOFTCOPY SKRIPSI_PDF.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peran yang dilakukan komunitas dalam membangkitkan motivasi belajar anak-anak jalanan dan ingin mengetahui mengenai konteks sistem sosial yang tejadi dalam komunitas serta melihat implikasi keberlangsungan pembinaan dan pendidikan yang diberikan komunitas terhadap anak jalanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, studi dokumentasi, dan wawancara mendalam (indepth interview) dengan Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan (KOPPAJA) Bekasi. Informan yang menjadi subjek penelitian terdiri dari 1 orang informan kunci dan 3 orang informan pendukung. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep sistem sosial dalam kerangka AGIL Talcott Parsons . Lokasi penelitian berada di sekertariat KOPPAJA Bekasi yang beralamat di Kavling Perumahan Agraria Raya RT 01 RW 26 Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144. Temuan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan (KOPPAJA) Bekasi turut berperan dalam membangkitkan motivasi belajar anak-anak jalanan. Peran tersebut dapat terlihat melalui program-program pembelajaran yang diselenggarakan komunitas. Proses pembelajaran yang diselenggarakan komunitas berlangsung dengan baik walaupun lingkungan belajar memiliki keterbatasan. Komunitas juga melakukan proses adaptasi, pencapaian tujuan, integrasi dan pemeliharaan pola sehingga keberlangsungan pembinaan dan pendidikan yang diberikan komunitas berimplementasi besar bagi anak jalanan. This thesis aims to find out the role the community conducted in evoking motivation study street children, and would like to find out about the context of the social system that occur in the community, and see the sustainability implications of coaching and education given by the community towards street children. This research used the qualitative approach with case studies. Research data obtained through observation, study, and documentation in-depth interviews, with Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan (KOPPAJA) Bekasi. The informant who became the subject of the research consisted by one key informant and three people additional informant. The concept used in this study is the concept of social systems within the framework of AGIL Talcott Parsons. The location of the research is in the Secretariat of KOPPAJA Bekasi in Kavling Perumahan Agraria Raya RT 01 RW 26 Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144. The findings in this study it can be concluded that the existence of Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan (KOPPAJA) Bekasi are contributing to evoking motivation of study street children. The role can be seen through learning programs organized community. The process of learning organized community takes place with a good learning environment though has its limitations. The community is also in the process of adaptation, goal achievement, integration and maintenance of the pattern, so that the sustainability of the coaching and education provided by community is giving a huge influential for street children.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ciek Julyati Hisyam, MM., M.Si 2) Dr. Ikhlasiah Dalimoenthe, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 03:18
Last Modified: 23 Mar 2022 03:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25127

Actions (login required)

View Item View Item