PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL TEKNIK BELA DIRI WING CHUN PERGURUAN HARIMAU BESI

ADITYA PRATAMA, . (2017) PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL TEKNIK BELA DIRI WING CHUN PERGURUAN HARIMAU BESI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Aditya Pratama FIP 1215125434.doc.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang memiliki tujuan untuk menggambarkan langkah-langkah dalam mengembangkan sebuah produk berupa video tutorial teknik dasar bela diri wing chun. Video ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam mempelajari teknik bela diri wing chun. Penelitian ini menggunakan Model pengembangan ADDIE sebagai pedoman dalam melakukan pengembangan produk video tutorial. Produk yang telah dikembangkan ini dinilai dalam tahap evaluasi formatif menggunakan skala penilaian 1 – 4. Hasil penilaian yang didapatkan dari ahli materi memperoleh nilai rata-rata 3,26 sedangakan ahli media senilai 3,32. Dari hasil evaluasi one-to-one diperoleh nilai sebesar 3,25 dari kelas A dan 3,19 dari kelas B. Sedangkan hasil evaluasi small group didapatkan hasil 3,31 dari kelas A dan nilai sebesar 3,11 didapat dari kelas B. Dalam pengembangan ini turut dilakukan evaluasi sumatif berupa lembar pengamatan untuk menguji penguasaan teknik yang telah dipelajari. Hasil nilai rata-rata pre-test yang didapatkan kelas A sebesar 37 dan kelas B sebesar 40 berdasarkan skala penialian 1-100. Hasil post-test dari kedua kelas menunjukkan perbedaan, pada kelas A hasil post-test mendapatkan nilai ratarata 77 sedangkan kelas B mendapatkan nilai rata-rata 72 berdasarkan skala penilaian 1-100. Pengembangan ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi bagi mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan yang ingin mengembangkan sebuah media pembelajaran khususnya video tutorial. This research is aimed to describe how to develop a tutorial video. This video is expected to help learners in learning martial wing chun technique. In this research uses ADDIE development model as a guide in developing video tutorial product. The developed product was assessed in the formative evaluation stage using the rating scale 1 - 4. The result of the assessment obtained from the material expert obtained an average grade of 3.26 while the media expert was 3.32. From the results of one-to-one evaluation obtained a value of 3.25 from class A and 3.19 from class B. While the small group evaluation results obtained results 3.31 of class A and the value of 3.11 obtained from class B. In This development is also done summative evaluation in the form of observation sheet to test the mastery of techniques that have been studied. The result of the average value of pre-test obtained by class A is 37 and class B is 40 based on scale of 1-100. Post-test results from both classes showed a difference, in grade A the post-test results got an average score of 77 whereas class B got an average score of 72 based on a 1-100 assessment scale. This development is expected to be a reference material for students majoring in Educational Technology who want to develop a learning media, especially video tutorial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. RA. Murti Kusuma Wirasiti, M.Pd 2). Dr. Khaerudin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 03:39
Last Modified: 23 Mar 2022 03:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25136

Actions (login required)

View Item View Item