PENGEMBANGAN PALUDARIUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI SMA

DIANA DIA LISMANA, . (2016) PENGEMBANGAN PALUDARIUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI 3415122166 - DIANA DIA LISMANA .pdf

Download (16MB)

Abstract

Paludarium merupakan salah satu seni desain lanskap dalam sebuah wadah dengan memvisualisasikan ekosistem darat, air, udara sehingga terlihat layaknya di alam nyata. Paludarium dapat dijadikan potensi sebagai media pembelajaran ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan paludarium sebagai media pembelajaran Biologi pokok bahasan ekosistem dan mengetahui kelayakan paludarium sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMAN 38 Jakarta dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Analisis potensi dan masalah, perencanaan, desain paludarium, validasi desain, revisi paludarium, dan uji coba paludarium merupakan tahapan yang dilalui pada penelitian ini. Paludarium yang dikembangkan dan diuji coba memperoleh persentase rata-rata akhir 84,2%. Rata-rata hasil belajar siswa pada uji lapangan terbatas (36 siswa) sesudah menggunakan paludarium adalah 82,77. Rata-rata hasil belajar siswa pada uji lapangan skala luas (72 siswa) sesudah menggunakan paludarium adalah 83,54. Ketuntasan belajar klasikal sesudah menggunakan paludarium pada uji skala terbatas adalah 97,2% dan pada uji skla luas adalah 81,9%. Maka disimpulkan, paludarium sebagai media pembelajaran layak dijadikan sebagai media pembelajaran Biologi pokok bahasan ekosistem di SMA. Paludarium is one the art of landscape design in a container with visualizing terrestrial ecosystem, aquatic ecosystem, and air ecosystem, so looks like a real in nature. Paludarium can be potential as a media of learning ecosytem. The aims of this research was to develop paludarium as Biology learning media on the subject of ecosystem and know the feasibility of paludarium as learning media. The research was held at Senior High School 38 Jakarta with using research and development method. Analysis of potential and problems, paludarium design, validation design, paludarium revision, paludarium try out were the steps in the research. Paludarium received the average score was 84.2% that achieved good interpretation. The average value to limited field try out (36 students) of the test after using paludarium was 82.77. The average value to wide scale field try out (72 students) of the test after using paludarium was 83.54. The mastery of classical learning to limited field try out after using paludarium was 97.2% and to wide scale field try out after using paludarium was 81.9%. The result of this research showed that the paludarium could be utilized as one of Biology learning media on the subject of ecosytem at senior high school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ratna Komala, M.Si 2) Ade Suryanda, S.Pd.,M.Si
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 03:40
Last Modified: 23 Mar 2022 03:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25137

Actions (login required)

View Item View Item