PENGEMBANGAN BUKU PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI GELOMBANG DAN OPTIK

DIAH AMBARWULAN, . (2017) PENGEMBANGAN BUKU PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI GELOMBANG DAN OPTIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3215130851-DIAH AMBARWULAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan yang menghasilkan buku pelajaran yang dilengkapi Augmented Reality (AR) pada materi gelombang dan optik. Penelitian ini dilakukan di lab digital Fisika UNJ dan dimulai sejak Januari – Juli 2017. Pada tahap pengembangan buku AR dan uji coba penggunaan telah dilakukan di MAN 1 Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan Dick and Carey. Buku AR pada materi gelombang dan optik ini telah melalui tahap uji validasi dengan persentase pencapaian sebesar 95,95% menurut ahli materi, 88,44% menurut ahli media pembelajaran, dan 93,43% menurut guru fisika SMA yang diinterpretasikan sangat baik. Selain melakukan uji validasi, dilakukan juga uji keterbacaan terhadap guru dan siswa. Hasil uji keterbacaan terhadap guru menunjukkan persentase pencapaian sebesar 93,68%, sementara kepada 15 siswa menunjukkan persentase pencapaian sebesar 84,68%. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji keterbacaan dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku AR pada materi gelombang dan optik telah memenuhi proses pembelajaran dan persyaratan sebagai bahan ajar fisika SMA. This research aims to produce a product in the form of a physics book with Augmented Reality for XI class of senior high school in wave and optical subject. This research was conducted in Digital Physics Laboratory of UNJ and started from January to July 2017. The stage of development AR book and trial usage at MAN 1 Kota Bekasi. The method used in this study is the research and development method of Dick and Carey. The AR book on wave and optical subject has passed the validation test stage with the percentage of achievement of 95.95% according to the material expert, 88.44% according to the learning media expert, and 93.43% according to the high school interpretation physicist. The research of development was conducted by a legibility test of teachers and students. The results of legality test of teachers showed the percentage of achievement of 93.68%, while to 15 students showed the percentage of achievement of 84.68%. Based on validation test and legibility test, it can be concluded that the development of study that produces textbooks equipped with Augmented Reality (AR) on wave and optical subject has fulfilled the learning process and requirement as high school physics teaching materials.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Fauzi Bakri, S.Pd.,M.Si 2) Dewi Muliyati, M.Si, M.Sc.,
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 04:08
Last Modified: 23 Mar 2022 04:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25154

Actions (login required)

View Item View Item