PEMBENTUKAN OPINI PUBLIK DI MEDIA SOSIAL TWITTER DALAM PEMENANGAN KANDIDAT CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PADA PILKADA DKI JAKARTA 2017

AGITA TRIA ANGGRAENI, . (2017) PEMBENTUKAN OPINI PUBLIK DI MEDIA SOSIAL TWITTER DALAM PEMENANGAN KANDIDAT CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PADA PILKADA DKI JAKARTA 2017. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI Agita Tria.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada hadirnya spin doctor dalam membentuk opini publik bagi warga DKI Jakarta yang sebagian besar sudah bisa ikut berpartisipasi dalam Pemilu calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriktif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Sedangkan tipe penelitian ini menggunakan data kualitatif untuk menjelaskan fenomena yang sedalam-dalamnya melalui pengumpulan data dengan mengutamakan kualitas subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemenangan salah seorang kandidat dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta sangat ditentukan oleh kemampuan tim spin doctor dalam menyusun dan mengimplementasikan strategikomunikasi dalam membentuk dan mempromosikan image melalui pesan- pesan politik kepada khalayak yang bersifat informatif dan persuasif. This research is based on the presence of spin doctor in forming public opinion for Jakarta citizen who mostly have been able to participate in General Election of governor candidate and vice governor of DKI Jakarta 2017. This research uses descriptive method by using qualitative approach. While this type of research uses qualitative data to explain the deep phenomenon through data collection by prioritizing the quality of research subjects. The results show that the victory of one candidate in the election of Governor and Vice Governor of DKI Jakarta is determined by the ability of the spin doctor team in preparing and implementing the strategy of communication in shaping and promoting the image through political messages to informative and persuasive audience.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. M. Japar, M.Si, 2) Dwi Afrimetty Timoera, M.Si
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 04:12
Last Modified: 23 Mar 2022 04:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25155

Actions (login required)

View Item View Item