STRATEGI PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM KELUARGA BROKEN HOME. (Studi Kasus : Keluarga Broken Home di Kelurahan Harjamukti RW 08 Kecamatan Cimanggis Kota Depok Provinsi Jawa Barat)

AGUNG NUGROHO, . (2017) STRATEGI PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM KELUARGA BROKEN HOME. (Studi Kasus : Keluarga Broken Home di Kelurahan Harjamukti RW 08 Kecamatan Cimanggis Kota Depok Provinsi Jawa Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Agung Nugroho 4915120349.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang Strategi yang diterapkan keluarga Broken Home yang ditinjau pada praktik pengasuhan dalam membentuk Sikap Sosial dan Prestasi Belajar Siswa yang dilakukan di RW 08, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. Waktu penelitian terhitung pada bulan Juli 2016 hingga Desember 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari informan kunci yaitu Pengurus RW di tempat tinggal siswa Broken Home, Tetangga di sekitar tempat tinggal siswa Broken Home, Teman Sebaya Siswa Broken Home di Organisasi karang Taruna, dan Guru di sekolah siswa Broken Home sedangkan informan inti yaitu Orang tua siswa Broken Home. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa siswa Broken Home yang terdapat di wilayah RW 08 memiliki sikap sosial yaitu jujur, disiplin, tanggung jawab, sopan santun, dan percaya diri sedangkan prestasi belajarnya terdapat siswa Broken Home yang memiliki prestasi Non akademik, prestasi akademik, serta prestasi akademik dan Non akademik. Strategi pengasuhan yang digunakan keluarga dalam membentuk sikap sosial dan prestasi belajar siswa Broken Home yaitu permisif dan demokratis; ;otoriter dan demokratis; otoriter dan permisif. Pada praktik pengasuhan yang dilakukan orang tua kepada siswa Broken Home memiliki hambatan yang bersifat internal dan eksternal yaitu sikap anak terhadap orang tua, komunikasi anak terhadap orang tua dan lingkungan teman sebaya This study aimed to obtain empirical data about the strategy adopted family who reviewed the Broken Home care practices in shaping the attitude of Social and Student Achievement conducted in RW 08, Village Harjamukti, District Cimanggis, Depok. When the study commencing in July 2016 to December 2016. The method used in this study is a qualitative method. Data collected through observation, interviews, documentation, and literature study. The data used in this study came from key informants that the Governing RW in student residence Broken Home, neighbors around student residence Broken Home, Peers Students Broken Home Organization Karang Taruna, and teachers at the school the student Broken Home whereas informant core ie parents Broken Home. Research shows that students Broken Home located in RW 08 have a social attitude that is honest, discipline, responsibility, manners and confidence while learning performance are students Broken Home achievers Non-academic, academic achievement, as well as academic achievement and Non-Academic. Family parenting strategies used in forming social attitudes and student achievement Broken Home is permissive and democratic; Authoritarian and democratic; authoritarian and permissive. In practice parenting the parents to the student Broken Home barriers that are internal and external, namely the attitude of children towards their parents, the child's communication to parents and peer environment

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr Eko. Siswono, M.Si 2) Sujarwo, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 05:34
Last Modified: 23 Mar 2022 05:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25163

Actions (login required)

View Item View Item