PEMBINAAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DALAM KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG (Studi Pada Satuan Gugus Depan 04-001 dan 04-002 di SMP Negeri 49 Jakarta)

AGUNG SETYO WINARSO, . (2017) PEMBINAAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DALAM KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG (Studi Pada Satuan Gugus Depan 04-001 dan 04-002 di SMP Negeri 49 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4115133793-Agung Setyo Winarso.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tujuan pendidikan yang tercantum dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Pendidikan ditujukan bukan hanya mencerdaskan kehidupan bangsa tetapi juga memberikan nilai-nilai karakter. Terdapat beberapa nilai karakter yang perlu dimiliki oleh peserta didik salah satunya adalah kemandirian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan data-data empiris mengenai Pembinaan Kemandirian dalam kegiatan Pramuka Penggalang pada satuan gugus depan 004-001 dan 04-002 di SMP Negeri 49 Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-Mei 2017. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, penyebaran kuesioner, dan wawancara yang dilakukan dengan informan dan key informan, serta dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah anggota Pramuka Penggalang sedangkan key informan dalam penelitian ini ada dua yaitu pembina satuan putra dan pembina satuan putri kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan Pramuka dapat mengembangkan kemandirian Peserta didik di SMP Negeri 49 Jakarta. Adapun beberapa kegiatan Pramuka pada satuan gugus depan 04-001 dan 04-002 yaitu kegiatan latihan rutin, kegiatan penjelajahan dan kegiatan perkemahan. Kemudian hasil dari pembinaan kemandirian peserta didik dalam kegiatan Pramuka Penggalang yaitu tercapainya 4 dimensi kemandirian dalam diri peserta didik, diantaranya tanggung jawab, otonomi, inisiatif dan kontrol diri. The background of this research is the purpose of the education that listed in Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 about national education system. Education has mean to be not only educated of nation life but also give the character value. Theres some of character value that need to be earned by the student, one of them is independency. This research use qualitative approach that mean to gain empirical data about Student Independence Coaching in Penggalang Scout Activity (This Research in satuan gugus depan 04-001 and 04-002 in SMP Negeri 49 Jakarta. this research was held in March until May 2017. The technique of collecting data is observation, quesionaire, and interview with informan and key informan, also documentation. Informan of this research is the member of Pramuka Penggalang, while the key informan in this research consist of two which is coach of the satuan putra and coach of satuan putri of Extracurrricular Scouting. The result of this research show that Scouting activity can develop the independency of student in SMP Negeri 49 Jakarta. theres some activity of Scouting in satuan gugus depan 04-001 and 04-002 which is routine training, exploration activity and camping. And then the result of independency coaching of studrnt is to gain 4 dimensional of independency to student, which is responsibility, otonomy, inisiation, and self control.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Achmad Husen, M.Pd. 2) Mohammad Maiwan Ph.D
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 05:39
Last Modified: 23 Mar 2022 05:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25165

Actions (login required)

View Item View Item