PENERAPAN PENDEKATAN SOCIO CRITICAL DAN PROBLEM ORIENTED DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN SOFT SKILLS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

DEVY ALFIANTI, . (2017) PENERAPAN PENDEKATAN SOCIO CRITICAL DAN PROBLEM ORIENTED DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN SOFT SKILLS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi DEVY ALFIANTI_3315130942.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi pendekatan Socio critical dan Problem oriented dengan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap soft skills siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 77 Jakarta pada Januari 2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi kelas, wawancara, reflektif jurnal siswa dan instrumen Soft skills VLES Modified. Pembelajaran kimia yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan mengkaji dan mengkritisi isu-isu sosial yang disajikan melalui artikel dan pada akhir pembelajaran siswa membuat project berupa maket uji larutan elektrolit sesuai dengan artikel yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan Socio critical dan Problem oriented dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dapat mengembangkan soft skills siswa diantaranya yaitu kreativitas dan motivasi siswa dalam belajar kimia, mendorong siswa berpikir kritis terhadap permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, siswa mampu mengemukakan pendapat, mampu bekerja sama, bertanggung jawab, percaya diri dan saling menghargai pendapat teman serta mampu merefleksikan isu-isu sosial yang diberikan. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa soft skills siswa mengalami perkembangan dengan diterapkannya pendekatan Socio critical dan Problem oriented dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran kimia di dalam kelas. This study aims to determine the implications of Socio critical and Problem oriented approach with Project Based Learning Model on students’ soft skills in Electrolyte and Non Electrolyte Solution. This research was conducted in SMA Negeri 77 Jakarta in January 2017. The subjects of the study were the students of class X MIA 1. The method used in this research is qualitative method. Data collection techniques include classroom observation, interviews, student journal reflective and VLES Modified Soft skills instruments. Chemistry learning conducted in this research is to examine and criticize the social issues presented through the article and at the end of the student's learning to make the project form Test model of electrolyte solution in appropriate with the article obtained. The result of the research shows that learning using Socio critical and Problem oriented approach with Learning Based Project Model can develop soft skills students such as creativity and motivation in learning chemistry, encourage students to think critically about problems in daily life, students able to express opinions, able to work together, Answer, confidence and mutual respect of friends opinion and able to reflect social issues given. Based on these results it can be concluded that the soft skills of students experience development with the application of Socio critical approach and Problem oriented with Learning Model Based Project Learning in chemistry learning in the classroom.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof.Dr. Nurbaity, M.Si 2) Drs. Suhartono, M.Kes
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 05:58
Last Modified: 23 Mar 2022 05:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25177

Actions (login required)

View Item View Item