KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DALAM KEGIATAN JURNAL PAGI (Penelitian Kualitatif di TK Islam AL Azhar 6 Sentra Primer, Jakarta Timur)

AJENG AYU NINGTIAS, . (2016) KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DALAM KEGIATAN JURNAL PAGI (Penelitian Kualitatif di TK Islam AL Azhar 6 Sentra Primer, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. SKRIPSI [Kemampuan Berbicara Anak Usia 5 - 6 Tahun].pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah fenomena mendalam mengenai kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun dalam kegiatan jurnal pagi di TK Islam Al-Azhar 6 Sentra Primer. Subjek pada penelitian ini adalah anak berusia 5-6 tahun pada kelompok B3 TK Islam AL-Azhar 6. Kegiatan jurnal pagi merupakan program harian yang dilakukan di TK Islam Al-Azhar 6 sebagai sarana dalam mengembangkan kemampuan bahasa ekspresif anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi kualitatif dengan teknik analisis grounded theory. Dalam analisis data tersebut, peneliti melakukan sembilan tahapan dalam grounded theory. Berdasarkan hasil analisis penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) pemerolehan kemampuan berbicara (speech ability aquition) terjadi melaui proses interaksi yang terjadi secara terus menerus. (2) Dalam proses berbicara anak usia dini pada kegiatan jurnal pagi mengandung tiga buah konten cerita yang mencakup cerita fantasi, cerita nyata dan cerita isi hati. (3) Cerita fantasi di dapat dari hasil diskusi antara anak dengan anak sebelum membuat jurnal pagi yang dikaitkan dengan cerita sehari-hari dilanjutkan dengan memperlihatkan dan menceritakan isi jurnal dengan pelafalan yang jelas serta tanya jawab mengenai jurnal yang dilakukan anak dan pemberian apresiasi kepada anak yang telah bercerita. (4) Cerita nyata didapat melalui tanya jawab antara anak dengan guru. Anak akan menceritakan pengalaman di dalam jurnalnya secara tertulis maupun lisan. Saat anak mengungkapkan secara lisan, anak menggunakan lebih dari tujuh kata yang dirangkai menjadi kalimat sederhana yang terdiri dari subjek, predikat dan objek. Guru kembali melakukan tanya jawab yang disertai apresiasi pada anak. (5) Cerita isi hati diperoleh ketika anak tidak melakukan interaksi yang intens sebelum jurnal pagi. Anak menceritakan jurnalnya dengan memperlihatkan dan mengungkapkannya dengan penggunaan kalimat sederhana dan pelafalan yang jelas. Anak melakukan tanya jawab kepada teman atau guru yang kemudian diberikan apresiasi. This study aimed to examine the phenomenon of depth on speaking skills of children aged 5-6 years in the activities in the morning journal TK Islam AlAzhar 6 Primary Center. Subjects in this study were children aged 5-6 years in the group B3 TK Islam Al-Azhar 6. Activity Journal is a morning daily program conducted in TK Islam Al-Azhar 6 as a means to develop expressive language abilities of children. The method used in this study is a qualitative study method with grounded theory analysis techniques. In the analysis of these data, researchers conducted nine stages in grounded theory. Based on the analysis of research, we concluded that: (1) the acquisition of speech (speech ability aquition) occurs through the interaction process that occurs continuously. (2) In the process of talking early childhood on the activities of the morning journal contains three pieces of content that includes stories of fantasy stories, real stories and stories hearts content. (3) The story of fantasies can result from discussions between the child and the child before making a journal morning associated with modern-day story continued with the show and tell journal entries with pronunciation clear, and frequently asked questions about the journal that carried the child and giving appreciation to children has been told. (4) The real story is obtained through a question and answer between children and teachers. Children will share experiences in his journal written and verbal. When a child expresses verbally, children use more than seven words are assembled into a simple sentence consisting of subject, predicate and object. Teachers returned to the question and answer with the appreciation in children. (5) The story's heart is obtained when the child is not doing intense interaction before journals morning. Child tells the journal to show and express it with the use of simple sentences and clear pronunciation. Kids do question and answer to friends or teachers who would then be given an appreciation

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nurbiana Dhieni, M.Psi 2). Dr. Hapidin, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 06:43
Last Modified: 23 Mar 2022 06:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25192

Actions (login required)

View Item View Item