ALVI JANUAR TIRTA JAYA, . (2017) PERAN HABIB ABDURRAHMAN ASSEGAF DALAM MENGEMBANGKAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI YAYASAN ATSAQOFAH AL-ISLAMIYYAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Alvi Januar - Skripsi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penulisan skripsi ini adalah mendskripsikan dan menganalisis peran Habib Abdurrahman Assegaf dalam mengembangkan sistem pendidikan di yayasan Atsqofah Al-Islmiyyah, agar sistem pendidikan Islam Habib Abdurrahman Assegafbisa dijadikan acuan dan dapat dikombinasi dengan sistem pendidikan Islam yang sudah ada di Indonesia. Dan membuktikan bahwa sistem pendidikan Islam Habib Abdurrahman Assegaf masih berjalan dengan baik untuk digunakan sebagai referensi sistem pendidikan Islam. Metedologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif, sekilas tentang pengertian metedologi kualitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan temuan- temuan yang tidak dapat diperoleh dengan menggunakan prosedur-prosedur statistik atau cara-cara lain dari kuartifikasi (pengukuran). Penelitian kualitatif secara umum dapat digunakan untuk penelitian tentang kehidupan masyarakat, sejarah, tingkah laku, fungsion alisasi organisasi, aktivitas sosial dan lain-lain Hasil Penelitian dari peran Habib Abdurrahman dalam mengembangkan sistem pendidikan Islam di yayasan Atsqofah Al-Islamiyyah diakui oleh murid- muridnya sangant besar peran beliau dalam perkembanagan Atsaqofah, dimulai dari belum terdapatnya sistem baku untuk mengatur kegiatan belajar para peserta didik, metode sorogan dan wetonan saja, namun kemudia beliau membangun kembali beberapa kelas dan menyusun sistem yang baku, mulai dari tujuan pendidikan yaitu yang utama adalah membentuk akhlak untuk beribadah dan bertakwa kepada Allah swt, kemudian beliau memilih beberapa murid beliau yang memenuhi kriteria sebagai pendidik dengan kata lain beliau sendiri yang mencetak pendidik yang akan mengajar di yayasan Atsaqofah, kemudian beliau membuat sistem kelas bertingkat seperti kelas dasar, menengah dan tinggi. The purpose of this thesis is to add insight and treasury about the developers of education system conducted by Habib Abdurrahman Assegaf, for Islamic education system Habib Abdurrahman Assegaf can be used as a reference and can be combined with Islamic education system that already exist in Indonesia. And proving that the Islamic education system Habib Abdurrahman Assegaf is still running well to be used as a reference system of Islamic education in Indonesia. Islamic education system Habib Abdurrahman Assegaf System includes the objectives of Islamic education, educators, learners, materials, learning process, methods, evaluation and infrastructure, and Influence of Islamic Education system Habib Abdurrahman Assegaf. The success of the Islamic education system compiled by Habib AbdrrahmanAssegaf is evidenced by the birth of many scholars from the Atsaqofaah foundation and the ongoing system to date. The research metedology used is qualitative, at a glance about the notion of qualitative metedology is a type of research that produces findings that can not be obtained by using statistical procedures or other means of quirtification (measurement). Qualitative research in general can be used for research on community life, history, behavior, organizational functionalization, social activities and others. The result from the research the role of Habib Abdurrahman in developing the Islamic education system at the Atsqofah Al-Islamiyyah foundation was recognized by his students great sangant role in the development of Atsaqofah, starting from the absence of a standard system to organize learning activities of learners, sorogan and wetonan methods only, but later Rebuild some classes and compose a standard system, starting from the goal of education that is the main is to establish morals to worship and cautious to Allah swt, then he chose some of his students who meet the criteria as educators in other words he himself who print educators who will teach In the Atsaqofah foundation, then he created a class system of terraces such as elementary, middle and high class. Then he added some material that is used as teaching materials.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Mushlihin Amali, M.A, 2) Ahmad Hakam, M.A, |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 06:59 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 06:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25197 |
Actions (login required)
View Item |