ANALISIS LOKASIONAL DARI PASAR KAGET KELURAHAN TALANG JAWA SELATAN KECAMATAN LAHAT SUMATERA SELATAN

ALVIAN ATLANTICO, . (2016) ANALISIS LOKASIONAL DARI PASAR KAGET KELURAHAN TALANG JAWA SELATAN KECAMATAN LAHAT SUMATERA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Alvian Atlantico 4315122313.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lokasional dari lokasi usaha Pasar Kaget, Kelurahan Talang Jawa Selatan, Kecamatan Lahat, Sumatera Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktiptif dengan pendekatan survei. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pedagang di Pasar Kaget yang berjumlah 120 pedagang. Teknik sampling yang dipakai dalam penelitian ini adalah random sampling yang dihitung dengan menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 55 pedagang. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan bentuk tabel frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menunjukan terdapat beberapa aspek yang menjadi pertimbangan memilih lokasi usaha di Pasar Kaget, yaitu 1) sewa; 2) modal; 3) pendapatan; 4) transportasi; 5) daya tarik lokasi; 6) pengaruh posisi tempat usaha; 7) hambatan perjalanan; 8) ketergantungan lokasi. Diantara ke-5 aspek pemilihan lokasi tersebut, aspek yang paling menonjol adalah aspek pengaruh posisi tempat usaha. Lokasi usaha Pasar Kaget ternyata sangat strategis dilihat dari jarak Pasar Kaget ke tiap kelurahan yakni ¾ km sesuai dengan jarak standar kota yang dikemukakan Chapin dalam Jayadinata (1986), yaitu 0.53 km dari Kelurahan Gunung Gajah, 0.23 km dari Kelurahan Talang Jawa Selatan, 0.52 km dari Kelurahan Talang Jawa Utara, 0.57 km dari Kelurahan Pasar Agung, 0.54 km dari Kelurahan Pasar Baru, dan 0.18 km dari Kelurahan RD PJKA. Sebesar 49.1% responden bertempat tinggal dekat dengan Pasar Kaget, ada yang didalam satu kelurahan dan ada juga yang dalam satu kecamatan. Selain itu sebesar 27.3% menyatakan bahwa memilih Pasar Kaget karena biaya pengeluaran (sewa, modal dan transportasi) yang dikeluarkan jauh lebih murah dibandingkan lokasi lain dan 60% responden menyatakan biaya transportasi yang murah dijadikan sebagai alasan untuk berjualan di Pasar Kaget. Responden menyatakan bahwa mereka lokasi tempat tinggal dekat dengan pasar yang menjadikan ini sebagai alasan kenapa mereka memilih berjualan di Pasar Kaget. Selain itu masih dapat dijangkaunya pasar dengan berjalan kaki dan masih dalam satu kelurahan menjadikan alasan kenapa Pasar Kaget diminati oleh para pedagang sebagai lokasi berdagang. Sebesar 60% responden menyatakan posisi kios/lapak menentukan jumlah pembeli dan penjualan mereka. Pasar Kaget yang berada di lokasi persimpangan jalan dan juga tepat di jalan lokal menjadikan Pasar Kaget menjadi strategis dan mudah dijangkau bagi para pedagang serta pembeli. This research aims to locational analysis of business location of the Pasar Kaget, Talang Jawa Selatan Village, Lahat Subdistric South Sumatra. The research methods used in this research is a method of descriptive with survey approach. The population of this research are all the traders in the markets which amount to 120 traders. The sampling techniques used in this research is a random sampling that is calculated by using the formula with the total sample Slovin research as much as 55 merchant. The Analytical techniques is descriptive analyses with frequency tabulation and percentage. Results of the research showed there were some aspects that be consideration to choosing the location of a business in a Pasar Kaget, i.e. 1) lease; 2) capital; 3) income; 4) transportation; 5) attractiveness of the location; 6) the effect of the business premises position; 7) travel barriers; 8) location dependency. Based from the 5 aspects, the most dominant aspect is location dependency aspect. The location of the venture Pasar Kaget turns out to be a very strategic as seen a distance from the Pasar Kaget into each neighborhood ¾ km in accordance with City standard distance expressed form Chapin in Jayadinata (1986), 0.53 km from The Village of Gunung Gajah, 0.23 km from The Village of Talang Jawa Selatan, 0.52 km from The Village of Talang Jawa Utara, 0.57 km from The Village of Pasar Agung, 0.54 km from The Village of Pasar Baru, and 0.18 km from The Village of RD PJKA. Of 49.1% of respondents residing close to the Pasar Kaget in one neighborhood and some are in a sub. In addition of 27.3% stated that choosing the market Surprised because the expenses (rent, capital and transport) that is issued is much cheaper than other locations and 60% of the respondents said transport costs are cheap as reasons for selling in the Pasar Kaget. The respondents stated that their location of residence is close to the market that make this as the reason why they chose to sell on the Pasar Kaget. In addition it can reach the market by foot and still in one village made the reasons why the Pasar Kaget demand by traders as a location for trade. By 60% of respondents stating the position of stall/lapak determines the number of purchasers and their sales. The Pasar Kaget located in the crossroads and also right on local road makes the Market a shock being strategic and easy to reach for traders and buyers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Muzani, M.Si 2) Dr. Samadi, M.Si
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 07:04
Last Modified: 23 Mar 2022 07:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25199

Actions (login required)

View Item View Item