STUDI KASUS PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN KERJA DAN PENDIDIKAN KECAKAPAN WIRAUSAHA PADA RUMPUN TEKNIK DI DKI JAKARTA TAHUN 2016

AJIE SANGHAJI, . (2017) STUDI KASUS PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN KERJA DAN PENDIDIKAN KECAKAPAN WIRAUSAHA PADA RUMPUN TEKNIK DI DKI JAKARTA TAHUN 2016. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI AJIE SANGHAJI PLS FIP UNJ.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Aji.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Riwayat Hidup Aji.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat kasus program pemerintah yang bernama Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) dan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) yang sudah berlangsung selama kurang lebih 5 tahun. Selama itu pemerintah kurang mendapatkan gambaran dan data empiris terkait penyelenggaraan program di lapangan. Penelian ini bertujuan untuk mengevaluasi secara kualitatif penyelenggaraan program Pendidikan Kecakapan Kerja di LKP Auto Mitsuda dan Pendidikan Kecakapan Wirausaha di LKP Indragiri tahun 2016. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian studi kasus sukses yang mengacu pada teori Success Case Method dari Brinkerhoff. Subjek dalam penelitian ini adalah aktor yang terlibat dalam program PKK dan PKW meliputi pengelola, Instruktur dan peserta didik program. Prosedur perekaman data meliputi Wawancara semi terstruktur, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah penyelenggaraan program PKK di LKP Auto Mitsuda sudah sesuai dan dapat dikatakan berhasil, sedangkan PKW di LKP Indragiri sangat tidak sesuai dengan indikator keberhasilan, dan ditemukan banyak temuan. Temuan ini yang nantinya menjadi saran bagi Dinas, Pengelola, instruktur ataupun peserta didik. This study raised the case of a government program called Work Skills Education (PKK) and Entrepreneurial Skills Education (PKW) which has lasted for more than 5 years. During that time the government is not getting an overview and empirical data related to the implementation of programs in the field. The aim of this study presented to qualitatively evaluate the implementation of Work Skills Education program at LKP Auto Mitsuda and Entrepreneurial Skills Education in Indragiri 2016. CGC approach used in this study is a qualitative approach, with a successful case study method which refers to the theories of Brinkerhoff Success Case Method. Subjects in this study are the actors involved in the program include the PKK and PKW managers, instructors and learners program. Data recording procedures include semi-structured interviews, observation and documentation. The result of this research is the organization of the PKK in Auto Mitsuda was appropriate and was successful, while PKW in LKP Indragiri was incompatible with the indicators of success, and found many findings. These discoveries will be suggestions for Office, business, instructors or students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sri Koeswantono W. M. Si. 2). Dr. Karnadi, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 07:06
Last Modified: 23 Mar 2022 07:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25200

Actions (login required)

View Item View Item