1 SOSIALISASI PENDIDIKAN SEKSUALITAS PADA ANAK DI PERMUKIMAN KUMUH (Studi Kasus: Lima Orang Ibu yang Bertempat Tinggal di Permukiman Kumuh Kelurahan Kramat, Kecamatan Senen)

ALVIANI HARARA, . (2017) 1 SOSIALISASI PENDIDIKAN SEKSUALITAS PADA ANAK DI PERMUKIMAN KUMUH (Studi Kasus: Lima Orang Ibu yang Bertempat Tinggal di Permukiman Kumuh Kelurahan Kramat, Kecamatan Senen). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_ALVIANI HARARA_4815133972.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran ibu dalam memberikan sosialisasi pendidikan seksualitas pada anak, termasuk didalam nya terdapat hambatan yang harus di hadapi oleh ibu tersebut. Juga untuk mendeskripsikan tahapan sosialisasi pendidikan seksualitas sesuai dengan tahapan sosialisasi perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian di lakukan dari bulan Januari 2017 sampai tanggal 25 Maret 2017. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah lima orang ibu yang bertempat tinggal di Permukiman Kumuh Kelurahan Kramat, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Peneliti menjadikan Seketaris Kelurahan Kramat, Jakarta Pusat sebagai informan tambahan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Selama penelitian berlangsung, peneliti di bantu oleh tim penyidik dari Puskesmas Kelurahan Kramat. Peneliti melakukan triangulasi data kepada Ibu Tiodor selaku Ketua Tata Usaha Puskesmas Kelurahan Kramat, beliau sering melakukan penyidikan di Kelurahan Kramat. Peneliti menggunakan beberapa konsep seperti definisi peran, pendidikan seksualitas, sosialisasi, anak, dan permukiman kumuh. Selain itu, peneliti juga memaparkan konsep ciri fisik dan non fisik di permukiman kumuh sebagai hambatan yang dihadapi ibu dalam memberikan sosialisasi pendidikan seksualitas pada anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hambatan yang dialami oleh ibu dalam memberikan pendidikan seksualitas pada anak, hambatan tersebut cenderung bersumber dari latar belakang sosial budaya ibu,seperti pengetahuan dan sikap ibu mengenai pendidikan seksualitas. Kemudian juga dari aspek lingkungan tempat tinggal permukiman kumuh. Dalam memberikan sosialisasi pendidikan seksualitas pada anak, ibu berperan sebagai pendidik, fasilitator, dan pengawas. Selanjutnya peran ibu tersebut sekaligus merupakan implementasi tahapan sosialisasi pendidikan seksualitas pada anak sesuai perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Eman Surachman, MM 2) Dra. Rosita Adiani, MA
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 07:09
Last Modified: 23 Mar 2022 07:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25202

Actions (login required)

View Item View Item