PENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJAR MEMBUAT SESERAHAN MELALUI METODE DRILL DI PKBM LARASANTANG CIREBON

AKRAM NURFAJRI, . (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJAR MEMBUAT SESERAHAN MELALUI METODE DRILL DI PKBM LARASANTANG CIREBON. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi lengkap.pdf

Download (36MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan belajar peserta didik di PKBM Larasantang Cirebon dengan menggunakan metode drill. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan rubric kterampilan belajar serta pre-test dan post-test pada setiap siklus. Data yang diperoleh pada saat pelaksanaan tindakan nantinya akan dibandingkan untuk mengetahui tingkat keterampilan belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran membuat seserahan dengan penggunaan metode drill atau belaja mandiri. Tindakan awal dilakukan dengan memberikan pre-test kepada peserta didik dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan awal peserta didik, penilaian keterampilan belajar dilakukan pada setiap pertemuan untuk mengidentifikasi kerapihan peserta didik dalam membuat modifikasi serta post-test dilakukan pada setiap akhir siklus guna mengetahui peningkatan keterampilan serta hasil belajar siswa, hasil dari penelitian tindakan menunjukkan peningkatan dalam keterampilan belajar siswa pada setiap akhir siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan belajar siswa meningkat danpenggunaan metode drill dalam kegiatan pembelajaran membuat seserahan di PBKM Larasantang Cirebon sudah sangat baik. This study aims to improve the learning skills of learners in PKBM Larasantang Cirebon by using drill method. This study is a classroom action research. Data collection is done using rubric learning skill as well as pre-test and post-test in each cycle. The data obtained during the implementation of the action will be compared to determine the level of learning skills of learners in the learning activities to make as straight as the use of drill method. Initial action is done by giving pre-test to the learners with the aim to know the extent of early ability of learners, assessment of learning skill done at each meeting to identify tidiness of learners in making modification and post-test done at each end of cycle to know improvement skill as well as student learning outcomes. The result of this research indicates that the students' learning skill is improved and the use of drill method in the learning activities makes the success of PKBM Larasantang Cirebon very good.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Nurdin Ibrahim, M.Pd 2). Cecep Kustandi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 07:17
Last Modified: 23 Mar 2022 07:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25204

Actions (login required)

View Item View Item