PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TAPLAK GUNUNG TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn ( Studi Eksperimen, di SMA Negeri 6 Depok )

ANGGA AL FARHAN, . (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TAPLAK GUNUNG TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn ( Studi Eksperimen, di SMA Negeri 6 Depok ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ANGGA AL FARHAN (4115131101).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Media Pembelajaran Taplak Gunung terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa dalam pembelajaran PPKn. Metode ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 86 siswa yang terdiri dari 43 siswa kelas eksperimen dan 43 siswa kelas kontrol. Teknik pengambilan data dengan menggunakan uji pre-post test kepada siswa dan menggunakan Microsoft Exel 2010 berupa uji-t. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil dari uji normalitas kelas eksperimen diperoleh ( ) ( ) dan kelas kontrol ( ) ( ). Dengan demikian dapat disimpulkan data tersebut berdistribusi normal. Kemudian uji homogenitas pada perhitungan data pre-test diperoleh dan pada perhitungan data post-test diperoleh sedangkan maka dapat disimpulkan data populasi mempunyai varians homogen. Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan uji-t didapatkan bahwa hasil pengujian pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh sebesar 3,901 dan dengan taraf signifikansi 0,05 dengan df (n-2) = 84 adalah 1,989. Dari perhitungan tersebut diperoleh ( ) ( ) dapat disimpulkan ditolak dan diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara variabel media pembelajaran taplak gunung terhadap hasil belajar PPKn siswa di SMA Negeri 6 Depok. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media pembelajaran taplak gunung mempengaruhi hasil belajar PPKn kelas X SMA Negeri 6 Depok. This study aims to find out how much influence the learning media of the tablecloth on the learning outcomes of civic education students in the learning of civic education. This research uses Quantitative methods. The sampling of technique using simple random sampling with the number of research samples were 86 students consisting of 43 students of experimental class and 43 students of control class. Technique of data retrieval by using pre-post test test to student and using Microsoft Exel 2010 in the form of t-test. Test requirements analysis is done by using the normality test and homogeneity test. The result of experimental class normality test obtained L_hitung (0,094) <L_tabel (0,135) and control class L_count (0,101) <L_table (0,135). Thus it can be concluded the data is normally distributed. Then homogeneity test on the calculation of pre-test data obtained F_count = 1.30 and on the calculation of post-test data obtained F_count = 1.03 whereas F_tabel = 1.67 then it can be concluded population data has homogeneous variance. Based on the result of test using t-test, it is found that the test result in the experimental class and the control class is obtained t_count of 3.901 and t_table with the significance level of 0.05 with df (n-2) = 84 is 1,989. From the calculation obtained t_count (3.901)> t_table (1,989) can be concluded H_o rejected and H_1 accepted. This shows that there is influence between learning media variable of the tablecloth on the result of learning of civic education student in SMA Negeri 6 Depok. Thus this study concludes that learning using learning media of mountain tablecloth influences the learning outcomes of civic education class X SMA 6 Depok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Etin Solihatin, M.Pd 2) Dwi Afrimetty Timoera, S.H, M.H.
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 01:14
Last Modified: 24 Mar 2022 01:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25219

Actions (login required)

View Item View Item