HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP HASIL TUGAS SISWA SMAN 50 JAKARTA

DEVI INGGRIANITA WIBOWO, . (2015) HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP HASIL TUGAS SISWA SMAN 50 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi devi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Literasi Informasi adalah seperangkat keterampilan yang diperlukan untuk menelusur, menganalisis dan memanfaatkan informasi. Model Big6 merupakan model literasi informasi yang mengintegrasikan informasi pencarian dan penggunaan keterampilan bersama alat teknologi. Literasi informasi model Big6 dapat membantu siswa dalam menjalani salah satu perannya sebagai pelajar yaitu menyelesaikan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan literasi informasi materi keanekaragaman hayati terhadap hasil tugas siswa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 50 Jakarta pada bulan Agustus-September 2014. Sampel yang digunakan untuk penelitian adalah siswa kelas X MIA yang ditentukan dengan purposive sampling dengan jumlah 85 siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh sebanyak 6 siswa memiliki kemampuan literasi baik, sebanyak 71 siswa memiliki kemampuan literasi cukup dan 8 siswa memiliki kemampuan literasi kurang. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji KolmogorofSmirnov dan uji homogenitas dengan uji Bartlet. Pengujian hipotesis dengan uji korelasi regresi sederhana. Koefisien korelasi dan koefisien determinasi sebesar 0,129 dan 1,7%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan terdapat hubungan antara kemampuan literasi informasi materi keanekaragaman hayati dengan hasil tugas siswa dan sebesar 1,7% literasi informasi materi keanekaragaman hayati memberikan kontribusi terhadap hasil tugas siswa. Literacy is a set of skills necessary to search, analyze and utilize information. Big6 models was one of information literacy model that integrate the searching of information and using technology skill. Big6 models could help student in accomplishing tasks. The aim of this research was to determine the correlation between information literacy skills biodiversity material and the results of student assignments. The research was conducted in SMAN 50 Jakarta in August-September 2014. Sample that used for this research is students of class X MIA determined by purposive sampling with 85 students. The method of this research was descriptive correlational. Based on the calculations, 6 students have good literacy skills, 71 students have sufficient literacy skills and 8 students have low literacy skill. Prerequisite test analysis is Kolmogorof-Smirnov test and homogeneity test with Bartlet test. Hypothesis testing with simple regression correlation test. The correlation coefficient and coefficient of determination of 0.129 and 1.7%. Based on these results, we can conclude there is a correlation between the ability of biodiversity information literacy materials with the results of student assessment and by 1.7% of biodiversity information literacy materials contributed to the results of student assignments.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Ernawati M.Si 2) Erna Heryanti, S.Hut., M,Si
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 01:54
Last Modified: 24 Mar 2022 01:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25228

Actions (login required)

View Item View Item