PENGEMBANGAN APLIKASI E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK PEMBELAJARAN MATA KULIAH LOGIKA FUZZY DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO

ZAERI KHOIRUDDIN, . (2015) PENGEMBANGAN APLIKASI E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK PEMBELAJARAN MATA KULIAH LOGIKA FUZZY DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ZaeriKhoiruddin_5235111821_Skripsi_PTIK.pdf

Download (18MB)
[img] Text
ZaeriKhoiruddin_5235111821_Jurnal_PTIK.pdf

Download (763kB)

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan mengembangkan e-learning berbasis Moodle berupa website untuk pembelajaran mata kuliah Logika Fuzzy di program studi Pendidikan Teknik Elektro. Sistem e-learning ini dikembangkan tidak hanya untuk program studi Pendidikan Teknik Eletkro, tetapi diharapkan bisa digunakan pada jurusan Teknik Elektro terutama di semua mata kuliah program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer sehingga membantu kegiatan perkuliahan. Pengembangan sistem e-learning ini diuji coba pada mata kuliah Logika Fuzzy. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Subyek penelitian yaitu dosen Logika Fuzzy dan mahasiswa yang telah mengikuti dan lulus perkuliahan Logika Fuzzy ditentukan secara purposive atau judgemental sampling. Data yang diambil adalah kelayakan dari segi materi dan media melalui angket, dan tanggapan mahasiswa melalui angket. Tanggapan ahli menunjukkan e-learning berbasis Moodle sangat baik dari segi media dan baik dari segi materi. Hasil angket tanggapan mahasiswa pada uji coba skala kecil menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan media e-learning berbasis Moodle. Produk final e-learning berbasis Moodle berisi modul, ppt, kelas virtual, forum diskusi, video dan ujian online. Berbagai konten dan fasilitas yang dimiliki e-learning yang dikembangkan membuat pembelajaran pada Logika Fuzzy menjadi lebih menarik. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa e-learning berbasis Moodle sesuai dan layak diterapkan pada mata kuliah Logika Fuzzy di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Mochammad Djaohar, M.Sc ; 2). Dr. Yuliatri Sastra Wijaya, M.Pd.
Subjects: Sains > Matematika > Software, Sistem Informasi Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 31 Dec 2019 14:44
Last Modified: 31 Dec 2019 14:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2523

Actions (login required)

View Item View Item