PENGEMBANGAN E-MODULE KIMIA UNTUK KELAS XI SMA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

DESSY PUTRI OETAMY, . (2017) PENGEMBANGAN E-MODULE KIMIA UNTUK KELAS XI SMA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI DESSY PUTRI OETAMY(KIMIA) fix.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-Module kesetimbangan kimia untuk kelas XI SMA. Hal ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi dan minat siswa yang kurang terhadap buku ajar yang digunakan disekolah serta belum tersedianya bahan ajar berupa e-Module untuk siswa saat ini. Penelitian dilakukan sejak November 2016 sampai dengan Juli 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan, terdiri dari tujuh tahap, yaitu analisis pendahuluan dan kebutuhan, perencanaan, pengembangan e-Module kesetimbangan kimia, uji kelayakan oleh ahli dan revisi e-Module, uji coba e-Module skala kecil dan revisi, uji coba e-Module skala besar (uji kelayakan), dan revisi e-Module tahap akhir. Hasil uji coba produk menunjukkan hasil 83% untuk siswa dan 85% untuk guru dengan interpretasi baik. Hasil perhitungan reliabilitas antar rater pada uji materi dan bahasa serta uji media masing-masing menunjukkan kekonsistenan inter rater pada rentang baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-Module kimia untuk kelas XI SMA sebagai sumber belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia yang dikembangkan telah sesuai untuk digunakan. This research aims to produce the product e-Module of chemical equilibrium for 11th grade high school. This is motivated by technological advances and student interest that is less to the textbook used in school and the unavailability of learning materials in the form of e-Module for students today. The study was conducted November 2016 until July 2017. The research method used is research and development method, consists of seven stages, namely preliminary analysis and needs, planning, development e-Module of chemical equilibrium, feasibility test by expert and revision of e-Module, small test and revised e-Module, large scale eModule (feasibility test), and revision e-Module end stage. The results of the product trial showed 83% results for students and 85% for teachers with good interpretation. The results of reliability calculations on material and language tests as well as media tests show each consistency across both ranges. Thus it can be concluded that e-Module for 11th grade high school as student learning resources on the chemically equilibrium developed material are appropriate for use

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Muktiningsih, M.Si 2) Dr. Afrizal, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:07
Last Modified: 24 Mar 2022 02:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25236

Actions (login required)

View Item View Item