PENERAPAN STRATEGI KOGNITIF MELALUI SOLVE IT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PESERTA DIDIK KESULITAN BELAJAR (Penelitian Tindakan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Dewi Sartika 1 Kota Bogor)

AMIARSIH HAPSARI, . (2017) PENERAPAN STRATEGI KOGNITIF MELALUI SOLVE IT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PESERTA DIDIK KESULITAN BELAJAR (Penelitian Tindakan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Dewi Sartika 1 Kota Bogor). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (732kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (86kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (137kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (19kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (603kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf

Download (357kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf

Download (90kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (488kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (392kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (152kB)
[img] Text
16. DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai penggunaan strategi SOLVE IT untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita peserta didik kesulitan belajar kelas V SD. Subjek penelitian terdiri dari 4 orang peserta didik dengan kesulitan belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Martini Jamaris. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, diskusi dengan guru, dan tes soal cerita dengan nilai target capaian 70 kemudian diuji dengan uji t. Penelitian ini berlangsung selama bulan Januari 2016 hingga Juni 2016 dengan dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari asesmen awal, perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi, dan asesmen akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi SOLVE IT dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita peserta didik kesulitan belajar dan guru menggunakan strategi ini sebagai salah satu strategi untuk perbaikan program pembelajaran. The aims of this research is to know the outcome of SOLVE IT strategy application to improve the mathematicsproblem solving ability for fifth grade student with learning disability at SDN Dewi Sartika 1, Bogor. The subject of this research is 4 students with learning disability. This research was conducted on January 2016 until June 2016. The research method is classroom action research with Martini Jamaris Model. The data was collected with observation, discussion, and test, which was analyzed with t test. This research divide into 2 cycles, each cycles include pre-assessment, planning, observing, acting, reflecting, and post-assessment.the result of this research showed that the application of SOLVE IT strategy improved the subject’s ability in mathematics problem solving, which known by improvement of student’s grade at 70 at least. This result showed that SOLVE IT strategy could be one of applicable strategy to improve student’s ability in mathematics problem solving.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Martini Jamaris, M. Sc.Ed 2). Leliana Lianti, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:25
Last Modified: 24 Mar 2022 02:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25246

Actions (login required)

View Item View Item