PENGARUH PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN MAN 1 KOTA BEKASI (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI di MAN 1 Kota Bekasi)

ANNISA EERSHA RAHMAWAT, . (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN MAN 1 KOTA BEKASI (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI di MAN 1 Kota Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Annisa Ersha Rahmawati.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai pengaruh pembelajaran berorientasi aktivitas siswa terhadap Hasil Belajar PPKn MAN 1 Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik random sampling, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 82 orang siswa yang terdiri dari 41 siswa kelas eksperimen, dan 41 siswa kelas kontrol.Desain penelitian ini menggunakan soal tes. Hasil Penelitian kelas eksperimen cenderung lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Uji Validitas soal diperoleh melalui kontens analisis. Sedangkan Uji realibilitas menggunakan rumus r11 data hasil belajar PPKn siswa memiliki reliabilitas yang sangat tinggi. Uji persyaratan analisis data dilakukan dengan Uji Normalitas data populasi dengan menggunakan Liliefors. Pengujian homogenitas data populasi dilakukan dengan menggunakan uji Barlet (B). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t yang dilakukan kedua kelas tersebut. Berdasarkan besarnya derajat pengaruh antara kedua variabel dapat disimpulkan bahwa pengaruh pembelajaran berorientasi aktivitas siswa terhadap hasil belajar PPKn MAN 1 Kota Bekasi. This study aims to obtain empirical data about the influence of learning-oriented student activity on the results of learning PPKn MAN 1 Kota Bekasi. This research uses experimental method with quantitative approach. Sampling technique is random sampling technique, the number of sampling in this study were 82 students consisting of 41 students of experimental class, and 41 students of control class. This study design uses test questions. This results of the experimental class study tend to be higher than the control class. Test Validity about doperby through contense analysis. While the reliability test using the formula r11 data learning outcomes PPKn students have a very high reliability. Test data analysis requirements performed with the normality of population data by using liliefors. Tests homogeneity of population data is done by using Barlet test (B). Hypothesis testing is done by using t-test conducted by both classes. Based on the degree of influence between the two variables can be concluded that the influence of learning-oriented student activity on learning outcomes PPKn MAN 1 Kota Bekasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Sarkadi, M.Si 2) Dr. Etin Solihatin, M.Pd
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:38
Last Modified: 24 Mar 2022 02:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25257

Actions (login required)

View Item View Item