HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PPKN (Studi Kuantitatif pada Siswa Kelas X di SMKN 7 JAKARTA)

ANNISA HERLINA AGUSTIN, . (2017) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PPKN (Studi Kuantitatif pada Siswa Kelas X di SMKN 7 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI Annisa Herlina Agustin.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi terjadinya fenomena - fenomena kemandirian belajar yang rendah khusunya dalam mata pelajaran PPKN. Penelitian ini bertujuan mendapatkan data dan informasi secara empiris tentang hubungan perhatian orang tua dengan kemandirian belajar PPKN siswa kelas X SMK Negeri 7 Jakarta. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 110 responden. Dalam pengambilan data Variabel X dan Variabel Y menggunakan isntrumen berupa angket. Uji korelasi product moment menghasilkan rhitung sebesar 0,645 dengan rtabel 0,187 maka rhitung > rtabel, lalu uji keberartian korelasi menggunakan uji-t dan hasilnya diperoleh thitung sebesar 8,763 sedangkan ttabel sebesar 1,982 karena thitung > ttabel maka menunjukan pengaruh hubungan yang signifikan. Uji korelasi determinasi diperoleh hasil sebesar 41, 56 % menandakan bahwa tingkat kemandirian belajar siswa kelas X dipengaruhi oleh perhatian orang tua sebesar 41, 56% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara perhatian orang tua dengan kemandirian belajar PPKN. Dengan demikian jika perhatian orang tua meningkat maka kemandirian belajar meningkat. This research motivated the occurrence of phenomenon - the phenomenon of low independence learning especially in the subject of Civic Education. This study aims to obtain data and information empirically about the relationship of parents' attention with the independence learning of Civic Education grade ten in SMK Negeri 7 Jakarta. This research is categorized as correlation research with quantitative approach. The number of samples in this study are 110 respondents. In the data collection Variable X and Variable Y using isntrumen in the form of a questionnaire. Product moment correlation test result rcount equal to 0,645 with rtable 0,187 then rcount> rtable, then test of correlation significance use t-test and result obtained tcount equal to 8,763 whereas ttable equal to 1,982 because tcount> ttable hence show influence significant relation. Determination test of correlation obtained by result of 41, 56% indicate that level of independence of study of class X student influenced by parents attention equal to 41, 56% and the rest influenced by other factor. Based on the results of research that has been done can be concluded that there is a positive relationship between the attention of parents with the independence learning of Civic Education. Thus if the attention of parents increases then the independence learning increases.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. M. Japar, M.Si 2) Drs. Agus Martono, M.Sc
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:51
Last Modified: 24 Mar 2022 02:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25260

Actions (login required)

View Item View Item