Hubungan Antara Regulasi Diri dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2015 (Studi Mahasiswa yang Mengikuti Organisasi Internal BEMP Pendidikan IPS)

ANZANI MUTIARA, . (2017) Hubungan Antara Regulasi Diri dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2015 (Studi Mahasiswa yang Mengikuti Organisasi Internal BEMP Pendidikan IPS). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Anzani Fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan berdasarkan bukti data empiris atau fakta yang sesungguhnya (valid), benar dan dapat dipercaya (reliabel) tentang adanya hubungan antara regulasi diri dengan prestasi belajar mahasiswa Pendidikan IPS FIS UNJ Angkatan 2015. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (P.IPS) Universitas Negeri Jakarta angkatan 2015 yang mengikuti organisasi BEMP Pendidikan IPS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan studi ex post facto (penelitian setelah kejadian). Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah secara random purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan persamaan regresi linier sederhana Ŷ = 2,313 + 0,008 X. Koefisien korelasi Pearson product moment diperoleh sebesar rxy = 0,5088, yang artinya ada hubungan yang positif antara variabel bebas (regulasi diri) dengan variabel terikat (prestasi belajar mahasiswa Pendidikan IPS FIS UNJ Angkatan 2015). Berdasarkan perhitungan signifikansi koefisien korelasi atau uji-t diperoleh t hitung (3,3948) > ttabel (2,03011), sehingga penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara regulasi diri dengan prestasi belajar mahasiswa Pendidikan IPS FIS UNJ angkatan 2015 senilai koefisien korelasi yaitu 0,2588 dengan koefisien determinasi sebesar 26%. This study aims to obtain knowledge based on evidence of empirical data or facts that are true (valid), true and reliable (reliabel) about the relationship between self-regulation with student achievement Education IPS FIS UNJ Force 2015. This study was conducted on science education students Social (P.IPS) State University of Jakarta force 2015 that follow the organization BEMP Education IPS. This research uses correlational quantitative method with ex post facto study (post-event study). Sampling technique is done by random purposive sampling. The result of this research shows simple linear regression equation Ŷ = 2,313 + 0,008 X. Pearson product moment correlation coefficient is obtained by rxy = 0,5088, which means there is positive correlation between independent variable (self regulation) with dependent variable (student learning achievement IPS Education FIS UNJ Force 2015). Based on the calculation of correlation coefficient significance or t-test obtained t arithmetic (3.3948)> ttable (2.03011), so this study shows the relationship between self-regulation with student achievement Education IPS FIS UNJ force 2015 coefficient correlation value is 0, 2588 with determination coefficient of 26%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Desy Safitri, M.Si. 2) Sujarwo, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:26
Last Modified: 24 Mar 2022 03:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25274

Actions (login required)

View Item View Item