MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL TAKE AND GIVE TERHADAP SISWA KELAS V SDN PENGGILINGAN 05 PAGI JAKARTA TIMUR

ANDITA DAMAYANTI, . (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL TAKE AND GIVE TERHADAP SISWA KELAS V SDN PENGGILINGAN 05 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI .pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model Take and Give pada siswa kelas V SDN Penggilingan 05 Pagi Jakarta Timur yang berjumlah 33 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Dimana dalam pelaksanaannya terdapat empat tahapan prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda, pemantau tindakan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data pada siklus pertama persentase siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 54,54% dari keseluruhan siswa. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus kedua, persentase pencapaian hasil belajar sudah tercapai yaitu sebesar 84,84% sehingga melebihi dari kriteria pencapaian yang ditentukan. Dari data tersebut menunjukkan bahwa target penelitian atau kriteria keberhasilan hasil belajar yang sebesar 80% telah tercapai. Adapun hasil pemantau tindakan dalam pembelajaran dengan menggunakan model Take and Give pada siklus pertama mencapai 85%. Pada siklus kedua terjadi peningkatan mencapai 100%. Data tersebut menunjukkan bahwa target pemantau tindakan yaitu sebesar 100% sudah tercapai. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar IPS terhadap siswa kelas V SDN Penggilingan 05 Pagi Jakarta Timur. This Research Action Class aims to improve IPS learning outcomes through Take and Give model V grade in SDN 05 Pagi Pengglingan East Jakarta with a total of 33 students. This Research Action Class was conducted by using the model of Kemmis and Mc Taggart. Where in its implementation there are four stages in the procedure the research encompasses the planning, action, observation and reflection. Data collection techniques on this research in the form of a written test, multiple choice, monitoring action and documentation. Bases on research result, the data obtained in the first cycle the percentage of students who achieve the KKM amounted to 54.54% of the total students. Then there was an increase in the second cycle, the percentage of achievement of learning outcomes have been achieved in the amount of 84.84% thus exceeding the achievement of specified criteria. From these data show that research targets or success criteria learning outcomes by 80% has been achieved. From these data show that research targets or success criteria learning outcomes by 80% has been achieved. The results of the monitoring actions in learning by using Take and Give model in the first cycle reaches 85%. In the second cycle increased to 100%. The data shows that the target of monitoring action that is of 100% has been reached. Therefore, it can be concluded that the Take and Give model can improve the learning outcomes of IPS at V grade students in SDN 05 Pagi Penggilingan East Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ajat Sudrajat, M.Pd. 2). Dr. Fahrurrozi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:32
Last Modified: 24 Mar 2022 03:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25277

Actions (login required)

View Item View Item