ANALISIS STRUKTUR KOGNITIF SISWA MENGGUNAKAN DRAWING WRITING TECHNIQUE PADA PEMBELAJARAN REDUKSI OKSIDASI DAN TATA NAMA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 8E

CHAERIYATUN NISSA AULIYANI, . (2017) ANALISIS STRUKTUR KOGNITIF SISWA MENGGUNAKAN DRAWING WRITING TECHNIQUE PADA PEMBELAJARAN REDUKSI OKSIDASI DAN TATA NAMA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 8E. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Chaeriyatun Nissa_3315133605_Skripsi.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur kognitif pada konsep reduksi oksidasi dan tata nama senyawa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 30 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 30 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang dilakukan dengan observasi jangka panjang, wawancara dan pengumpulan data menggunakan drawing writing technique yang disajikan melalui lembar kerja siswa. Proses pembelajaran menggunakan model learning cycle 8E yang terdiri dari tahap engage, explore, esearch, elaborate, exchange, extend, evaluate dan explain. Analisis data berdasarkan pada Miles dan Huberman (1992) terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemahaman siswa pada konsep reduksi oksidasi dan tata nama senyawa dibagi menjadi 3 kategori, paham, miskonsepsi dan tidak paham. Kategori paham pada konsep redoks, reduktor oksidator dan tata nama asam basa serta transisi. Kategori miskonsepsi pada aplikasi redoks dan poliatom. Tidak paham pada bilangan oksidasi dan tata nama biner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi yang terjadi pada siswa berkurang dari awal tahap hingga akhir tahap learning cycle 8E sehingga dapat disimpulkan model learning cycle 8E efektif dalam miskonsepsi siswa pada konsep redoks dan tata nama. Learning cycle 8E juga memiliki dampak yang baik terhadap softskill siswa yaitu pada kemampuan berpikir kritis, komunikasi dan empati siswa. This study aims to analyse the students’ cognitive structure on the concept of oxidation reduction and nomenclature of compounds. This study was conducted in SMA 30 Jakarta in the first semester of academic year 2016/2017. There were 32 students of class X MIA 2 was involved in the study. The qualitative research approach was conducted with the data collection of drawing writing technique presented through student worksheets, interview, observations, and reflective journal . The learning process employed learning cycle 8E which consist of engage, explore, esearch, elaborate, exchange, extend, evaluate and explain stages. Data analysis based on Miles and Huberman (1992) that consists of data reduction, data presentation and conclusion. Student comprehension understanding on the concept of oxidation reduction and nomenclature of compounds was divided into 3 categories of understanding, misconception and no understanding. Categories of understanding were found in the concept of redox, oxidizing agents and acid-base nomenclature and transitions. Students’ misconception categories were found in redox applications and polyatom. Students didn’t have understanding in the oxidation number and binary nomenclature concept. The results showed that misconceptions that occur in students are minimised through 8 steps of the learning cycle 8E, therefore the learning cycle 8E can be implemented to develop students’ understanding in chemistry learning. Learning cycle 8E also has implications on students’ softskills which were critical thinking skills, collaboration skills and empathy communication skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Yuli Rahmawati, M.Sc. PhD 2) Irma Ratna Kartika, M.Sc., Tech
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 05:43
Last Modified: 24 Mar 2022 05:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25293

Actions (login required)

View Item View Item