PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MODEL REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI MENGENAL BUMI ( Studi Eksperimen Kelas X IIS SMA Negeri 22 Jakarta )

INTAN PERMATASARI, . (2016) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MODEL REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI MENGENAL BUMI ( Studi Eksperimen Kelas X IIS SMA Negeri 22 Jakarta ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATASARI_GEOGRAFI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran model realia terhadap hasil belajar geografi pada siswa kelas X IIS materi mengenal bumi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS SMA Negeri 22 Jakarta yang terdiri dari 4 kelas sebanyak 144 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling yaitu berdasarkan nilai mata pelajaran geografi. Nilai terendah diperoleh di kelas X IIS 1 dan X IIS 2 dengan nilai rata-rata sebesar 74,38. Sampel yang digunakan berjumlah 72 siswa, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X IIS 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 36 siswa dan kelas X IIS 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 36 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan dengan alokasi waktu masing-masing 3 x 45 menit. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 24 soal. Peneliti menggunakan uji instrumen berupa uji validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul, peneliti melakukan uji persyaratan data dengan uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data menggunakan Uji Paired Sample T-test untuk menguji hipotesis. Dalam mengolah data peneliti menggunakan perangkat SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan media model realia dengan metode ceramah di kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata siswa sebesar 78,1, sedangkan siswa yang menggunakan media power point dengan metode ceramah memiliki nilai rata-rata sebesar 68,2. Selisih hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yaitu sebesar 9,9. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan Uji- t Paired Sample T-test diperoleh nilai –t hitung < -t tabel ( -12.142 < -2.030 ) dan Sig (2-tailed) 0.000 dengan α 0.025 maka dapat dikatakan Sig (2- tailed) 0.000 < α (0.025) yang berarti Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh media pembelajaran model realia terhadap hasil belajar geografi pada materi mengenal bumi di SMA Negeri 22 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Eko Tri Rahardjo, M.Pd ; 2). Dra. Dwi Sukanti L, M.Si
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2019 15:32
Last Modified: 31 Dec 2019 15:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2530

Actions (login required)

View Item View Item