PENGARUH METODE ACTIVE LEARNING TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn (Studi Eksperimen di SMA Negeri 6 Depok)

ARFAN MAIDHA, . (2017) PENGARUH METODE ACTIVE LEARNING TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn (Studi Eksperimen di SMA Negeri 6 Depok). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ARFAN MAIDHA (4115131116).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Metode Active Learning terhadap Kreativitas Berpikir Siswa dalam Pembelajaran PPKn. Metode ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif. Teknik pengambilan data dengan menggunakan uji post test kepada siswa dan menggunakan Microsoft Exel 2010 berupa uji t. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji Normalitas dan uji Homogenitas. Hasil dari uji Normalitas diperoleh post test kelompok eksperimen dengan 0,089 < 0,140 dan post test kelompok kontrol diperoleh 0,050 < 0,138. Dengan demikian dapat disimpulkan data berdistribusi normal. Kemudian uji Homogenitas diperoleh 1,21 < 1,70, maka varians populasi antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol adalah homogen. Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan uji-t didapatkan bahwa hasil pengujian pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh sebesar 3,867 dengan taraf signifikan 0,05 dengan df (n-2) = (80-2) = 78 adalah 1,990, maka . Dapat diketahui terdapat pengaruh yang signifikan antara metode Active Learning terhadap Kreativitas Berpikir Siswa This study aims to find out how much the influence of Active Learning Methods on Student Thinking Creativity in Civic Education. This method uses Quantitative reserch methods. Technique of data retrieval by using post test to student and using Microsoft Exel 2010 in the form of t test. Test requirements analysis is done by using the test normality and Homogeneity test. Result of Normality test obtained by post test of experiment group with and post test of control group obtained . Thus it can be concluded normal distributed data. The Homogeneity test obtained then the variance of the population between the experimental group and the control group is homogeneous. Based on the result the test using t-test, it is found that the test result in the experimental class and the control class is obtained of 3.867 with the significant level of 0.05 with df (n-2)-(80-2): 78 is 1.990, then ( ) ( ) It can be seen there is a sidnificant influence between Active Learning method of Student Thinking Creativity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) prof. Dr. Nadiroh, M.Pd. 2) Dwi Afrimety T, SH, MH,
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 05:47
Last Modified: 24 Mar 2022 05:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25301

Actions (login required)

View Item View Item